Tak diminati, dua desa di Kendal gagal gelar pilkades

Kamis, 22 Agustus 2013 - 10:37 WIB
Tak diminati, dua desa di Kendal gagal gelar pilkades
Tak diminati, dua desa di Kendal gagal gelar pilkades
A A A
Sindonews.com - Pelaksanaan pemilihan kepala desa tahap pertama di Kendal, Jawa Tengah (Jateng), serentak akan diselenggarakan tanggal 26 Agustus mendatang.

Dari 120 desa yang kosong jabatan kepala desanya, hanya 118 desa yang siap melaksanakannya pada pekan depan. Sementara dua desa yakni Desa Ngareanak, Kecamatan Singorojo dan Desa Penanggulan, Kecamatan Pegandon, batal menggelar pilkades karena tidak ada pendaftar.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan, Kabupaten Kendal, Agung Budi Cahyono, mengatakan seluruh berkas calon sudah diterima dan siap bertarung pada pilkades mendatang. Dari 118 desa yang melaksanakan pilkades, jumlah calon yang akan bertarung sebanyak 256 orang. Sementara ada 40 desa yang hanya diisi satu calon dan akan bertarung melawan kotak kosong.

"Dua desa batal melaksanakan pilkades karena hingga akhir pendaftaran, tidak ada yang mengajukan persyaratan," jelas Agung Budi Cahyono, Kamis (22/8/2013).

Dipastikannya, dua desa tersebut tidak akan menggelar pilkades dan akan diupayakan pelaksanaannya tahap kedua bulan Oktober mendatang.

Sementara itu Bupati Kendal, Widya Kandi Susanti, mengatakan pelaksanaan pilkades akan dipantau dan dijaga mengantisipasi keributan ini.

"Pilkades tahap kedua yang akan dilaksanakan bulan Oktober diselenggarakan di enam desa. Sedangkan tahap ketiga pada akhir Oktober, diselenggarakan di 74 desa," jelasnya.

Untuk pengamanan, Pemkab Kendal mengaku sudah berkordinasi dengan kepolisian setempat untuk mengantisipasi dampak keributan dari pelaksanaan pilkades.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6269 seconds (0.1#10.140)