Pasca pembakaran, Lapas Labuhan Ruku berbenah

Selasa, 20 Agustus 2013 - 10:45 WIB
Pasca pembakaran, Lapas Labuhan Ruku berbenah
Pasca pembakaran, Lapas Labuhan Ruku berbenah
A A A
Sindonews.com - Kemenkum HAM menyatakan kondisi ketertiban di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Labuhan Ruku, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara (Sumut), saat ini sudah terkendali dengan baik.

Menurut Karo Humas dan Kerjasama Hubungan Luar Negeri (KLN) Kemenkum HAM, Maroloan J Baringbing, kondisi Lapas Labuhan Ruku, hingga kini terus diperbaiki. Mengingat, kerusakan parah yang terjadi di Lapas tersebut, pasca pengrusakan disertai pembakaran oleh para napi, Minggu (18/8) lalu.

"Kami melakukan perbaikan atas kerusakan dan pembenahan administrasi," jelas Maroloan dalam keterangan resminya kepada Sindonews, Selasa (20/8/2013).

Selain itu, pihaknya juga saat ini mengaku terus melakukan pembinaan terhadap napi. "Termasuk pemindahan napi ke Lembaga Pemasyarakatan (LP) di sekitar wilayah provinsi Sumatra Utara," lanjutnya.

Seperti diketahui, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Ruku, di Kabupaten Batubara, Sumatera Utara (Sumut), rusuh, Minggu (18/8/2013). Akibatnya, gedung utama depan Lapas Ruku terbakar.

Kebakaran itu terjadi akibat ulah para narapidana yang memang terlibat kerusuhan. Tak pelak, merekapun memanfaatkan kesempatan tersebut, dengan melarikan diri. Peristiwa itu sendiri terjadi sekira pukul 17.00 WIB.

"Ada sekira 25-30 orang narapidana yang melarikan diri. Napi yang kabur dari Lapas sedang dilakukan pendataan guna memudahkan pencarian," jelas Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Ronny Franky Sompie, Minggu (18/8/2013).
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5771 seconds (0.1#10.140)