Gunung-gunung sekitar Rokatenda alami peningkatan aktivitas

Selasa, 20 Agustus 2013 - 10:07 WIB
Gunung-gunung sekitar Rokatenda alami peningkatan aktivitas
Gunung-gunung sekitar Rokatenda alami peningkatan aktivitas
A A A
Sindonews.com - Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) hingga kini masih dinyatakan berstatus siaga III. Hal itu lantaran, dua gunung - gunung berapi di wilayah sekitar Kabupaten Sikka menunjukkan aktivitas setelah erupsi Gunung Rokatenda.

Hal itu disampaikan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Bugroho, Selasa (20/8/2013).

"Berdasarkan informasi dari Kepala PVMBG Badan Geologi, M Hendrasto, dan mantan Kepala PVMBG, Surono, hingga saat ini ada dua gunung api di sekitar NTT yang mengalami peningkatan aktivitasnya, yaitu Gunung api Hobalt dan Gunung api Ili Werung," ujar Sutopo.

Berdasarkan informasi dari PVMBG Badan Geologi, Kementerian ESDM, Gunung api Hobalt, gunung api bawah laut di di Kecamatan Atedai, Kabupaten Flores Timur, NTT, pada pukul 07.13 WITA terjadi letusan.

"Tinggi asap letusan 1.000-2.000 meter dari permukaan laut, berlangsung selama dua menit, secara visual, air laut di sekitar Gunung Hobalt nampak banyak gelembung dan air laut berwarna kekuningan. Status gunung masih Waspada (level II)," katanya.

Sedangkan untuk Gunung Ili Werung, terjadi peningkatan gempa vulkanik dangkal yang signifikan. "Maka status Gunung Ili Werung ditingkatkan dari normal ke waspada terhitung sejak tanggal 19 Agustus 2013 pukul 19.00 WITA," tuturnya.

Untuk itu, masyarakat diimbau untuk selalu waspada terkait ancaman gunung api tersebut. Masyarakat di sekitar Gunung Hobalt dan Gunung Ili Werung juga dikatakan Sutopo belum perlu melakukan pengungsian. Pihak PVMBG sendiri saat ini tengah meningkatkan monitoring aktivitas gunung api tersebut.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4055 seconds (0.1#10.140)