Jalan ke objek wisata Makula rusak

Sabtu, 10 Agustus 2013 - 17:36 WIB
Jalan ke objek wisata Makula rusak
Jalan ke objek wisata Makula rusak
A A A
Sindonews.com - Jalan menuju kawasan objek wisata permandian air panas Makula di Kecamatan Sangalla, Kabupaten Tana Toraja, butuh perhatian pemerintah kabupaten (Pemkab) setempat karena rusak berat.

Kondisi jalan tersebut sangat dikeluhkan masyarakat sekitar dan pengunjung objek wisata Makula.

“Kondisi ruas jalan Kondoran-Suaya menuju kawasan objek wisata Makalu rusak berat. Bahkan ada badan jalan sepanjang 30 meter yang nyaris terbelah dua dan sulit dilalui kendaraan terutama truk,” ujar salah satu tokoh masyarakat Sangalla, Paulus M Renta kepada wartawan, Sabtu (10/8/2013).

Dia mengatakan, kondisi ruas jalan yang rusak menyebabkan objek wisata permandian air panas Makula sepi pengunjung. Selain rusak, ruas jalan menuju objek wisata Makula pada malam hari juga gelap gulita.

"Padahal, objek wisata Makula salah satu objek wisata andalan di Tana Toraja dalam memberikan konstribusi bagi PAD (Pendapatan Asli Daerah) karena banyak diminati wisatawan lokal maupun mancanegara," ucapnya.

Menurutnya, warga yang tinggal di sekitar kawasan objek wisata Makula juga sudah melaporkan kondisi ruas jalan yang rusak kepada pemerintah kabupaten. Namun, hingga kini belum ada tindak lanjutnya.

"Selain menuju kawasan objek wisata permandian air panas Makula, ruas jalan Kondoran-Suaya merupakan akses menuju kawasan objek wisata kuburan alam Suaya," katanya.

Untuk itu, dirinya berharap, ruas jalan Kondoran-Suaya yang menghubungkan objek wisata Makula yang kondisinya rusak mendapat perhatian serius dari pemerintah setempat. Dengan didukung akses jalan yang baik, kawasan objek wisata permandian air panas Makula dan objek wisata kuburan alam di Suaya semakin banyak dikunjungi oleh wisatawan.

“Kawasan objek wisata Makula mulai sepi pengunjung karena akses jalan yang rusak. Diharapkan, ini menjadi perhatian pemerintah untuksegera memperbaiki ruas jalan rusak menuju objek wisata Makula,” imbuhnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9001 seconds (0.1#10.140)