Polisi lumpuhkan tahanan Lapas yang buron

Senin, 05 Agustus 2013 - 16:19 WIB
Polisi lumpuhkan tahanan Lapas yang buron
Polisi lumpuhkan tahanan Lapas yang buron
A A A
Sindonews.com - Setelah dua pekan melarikan diri, Usman (20) buronan tahanan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kota Pasuruan berhasil diringkus petugas kepolisian.

Residivis spesialis pencurian rumah kosong ini ditangkap saat pulang kerumahnya di Kelurahan Bugul Lor Kecamatan Bugul Kidul.

Dalam penggerebegan pemuda yang kabur dengan cara memanjat tembok Lapas, terpaksa ditembak kakinya. Petugas tak ingin kecolongan karena saat hendak ditangkap pelaku berusaha melawan dan mencoba melarikan diri.

Selama 14 hari dalam pelariannya, Usman mengaku tinggal di kawasan Jarak, Surabaya. Menjelang lebaran, Usman mudik ke rumah orangtuanya. Namun petugas yang mencium gelagat mencurigakan, langsung melakukan penggerebegan ke lokasi kejadian.

Usman, tersangka pelaku tindak pencurian dengan pemberatan ini nekat melarikan diri, karena merasa terancam keselamatannya selama berada di dalam sel tahanan blok A.

Namun dia tidak menyebut latar belakang, ancaman pengeroyokannya.

"Saya takut dikeroyok penghuni sel tahanan Lapas. Saya memilih melarikan diri keluar dari Lapas dengan cara memanjat tembok dan genteng," kata Usman saat diperiksa penyidik Polsek Bugul Kidul Kota Pasuruan, Senin (5/8/2013).

Usman merupakan tahanan titipan Polsek Bugul Kidul. Namun setelah 30 hari dititipkan ke Lapas Kota Pasuruan, ia nekat kabur dengan cara memanjat tembok dan genteng yang tinggi. Ia berhasil kabur saat petugas Lapas mengendorkan pengawasannya.

"Untuk sementara, Usman ditahan di Mapolsek Bugul Kidul. Penjagaan akan kami tingkatkan guna mengantisipasi pelaku melarikan diri," kata Kapolsek Bugul Kidul Kompol Agung Setyono.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5195 seconds (0.1#10.140)