Anjing rabies serang 5 warga Bali

Rabu, 17 Juli 2013 - 16:39 WIB
Anjing rabies serang 5 warga Bali
Anjing rabies serang 5 warga Bali
A A A
Sindonews.com - Lima orang warga di Kabupaten Gianyar, Bali mengalami luka setelah diserang anjing liar. Akibat serangan itu, mereka dilarikan ke rumah sakit agar segera mendapatkan perawatan.

Kawanan anjing liar itu, menyerang warga, pada Selasa 16 Juli 2013, di Dusun Kutuh Kelod, Petulu Kecamatan Ubud. Kejadian ini, memicu kemarahan warga yang ramai-ramai memburu anjing-anjing liar itu, lalu membunuhnya.

Para korban gigitan anjing liar itu, dua orang mengalami luka robek. Tiga korban lainnya, menderita luka ringan, dan mendapat perawatan di Puskesmas terdekat.

“Hasil pemeriksaan di Balai Veteriner Denpasar terhadap anjing yang dibunuh warga di Petulu, dinyatakan positif rabies,“ jelas Kepala Dinas Peternakan Provinsi Bali Putu Sumantra, saat dihubungi, Rabu (17/7/2013).

Warga yang menjadi korban gigitan anjing hutan, itu telah diberikan vaksin anti rabies (VAR) mengantisipasi akibat lebih buruk lagi maupun mencegah penularan.

Dari data yang dihimpunnya, populasi anjing liar masih banyak ditemukan di Desa Payangan, dan Tegalalang Kabupaten Gianyar.

Hingga Juli, baru ditemukan dua kasus gigitan yang positif rabies yang berasal dari anjing liar atau yang belum mendapatkan suntikan vaksin.

Dari informasi yang didapatnya, untuk mencegah korban gigitan rabies warga di Desa Petulu dan beberapa desa sekitarnya berinisiatif mengeliminasi anjing liar yang masuk ke wilayah desa mereka.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5391 seconds (0.1#10.140)