Jalur alternatif Majalengka mulai diperbaiki

Selasa, 16 Juli 2013 - 04:21 WIB
Jalur alternatif Majalengka mulai diperbaiki
Jalur alternatif Majalengka mulai diperbaiki
A A A
Sindonews.com - Memasuki musim mudik Idul Fitri, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majalengka mulai melakukan pembenahan infra struktur di sejumlah titik yang diperkirakan akan digunakan untuk jalur alternatif. Hal tersebut seperti dijelaskan oleh Kepala Dinas Bina Marga dan Cipta Karya (BMCK) Kabupaten Majalengka Agus Tamim.

Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, untuk mengantisifasi kemacetan di jalur Kadipaten-Sumberjaya, pemudik yang berasal dari arah Sadang menuju Cirebon dialihkan ke jalur alternatif yakni Ujungjaya, Kabupaten Sumedang menuju Babakan, Kecamaatan Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Dijelaskan Agus Tamim, di jalur tersebut, terjadi kerusakan jalan sepanjang sepanjang 1 km. “Ada kerusakan jalan, tepatanya di sepanjang Desa Palasah-Desa Babakan, Kecamatan Kertajati, sekitar 1 km. Jalur tersebut berdasarkan tahun sebelumnya, menjadi jalur alternatif dari arah Ujungjaya, Kabupaten Sumedang,” kata Agus, kemarin.

Dijelaskan Agus, perbaikan yang dilakukan di ruas tersebut, yakni berupa penambalan. Diakui dia, selain disepanjang Palasah-Babakan, pihaknya juga sudah mulai melakukan perbaikan di beberapa titik yang disinyalir akan menjadi jalur alternatif pada arus mudik mendatang.

“Kami pastikan, menjelang mudik mendatang, jalur itu sudah bisa digunakan. Perbaikan juga dilakukan di beberapa titik, yang kerusakannya tidak terlalu parah, seperti di Desa/Kecamatan Ligung. Perbaikan ini berupa penambalan,” paparnya.

Semenetara itu, memasuki musim mudik, beberapa titik di Kabupaten Majalengka juga difasilitasi CCTV. Titik yang difasilitasi CCTV tersebut, yakni Perempatan Kadipaten, Perempatan Panjalin Sumberjaya, Bunderan Cigasong, dan Perempatan Rajagaluh.

Kabid Kominfo Dinas ‪Perhubungan Komunikasi dan Informatika, Wawan Kurniawan menjelaskan, penempatan CCTV diempat titik tersebut, atas pertimbangan potensi kemacetan di empat titik tersebut dinilai cukup besar.

“Melalui CCTV ini, pemudik bisa memantau titik-titik yang rawan macet yang akan dilewatinya. Sehingga bisa segera mengantisipasinya dengan berkoordinasi dengan petugas posko mudik Lebaran untuk mencari jalur alternatif,” jelas dia.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7173 seconds (0.1#10.140)