Pengungsi di Aceh Tengah krisi air bersih

Jum'at, 05 Juli 2013 - 01:37 WIB
Pengungsi di Aceh Tengah krisi air bersih
Pengungsi di Aceh Tengah krisi air bersih
A A A
Sindonews.com - Setelah diterpa gempa berkekuatan 6,2 skala richter (SR), kini warga di Kecamatan Ketol, Kabupaten Aceh Tengah, krisis air bersih. Para pengungsi itu sangat sulit untuk mendapatkan air bersih untuk memenuhi kebutuhannya.

Camat Ketol Muhammad Saleh mengatakan, di kecamatannya kini ada sekira 6.000 orang pengungsi dari 11 ribu lebih penduduknya. Rumah tempat tinggal mereka rusak setelah diguncang gempa yang terjadi 2 Juli lalu.

"Mereka tersebar di 16 titik pengungsian yang ada di Kecamatan Ketol, ada juga yang tinggal di tenda-tenda yang didirikan di depan rumahnya," kata Saleh saat dihubungi, Kamis (4/7/2013).

Titik-titik pengungsian itu antara lain di Desa Blang Mancung Barat, Blang Mancung Timur, Blang Mancung Bawah, Glumpang Payong, Buter, Pondok Balik, Cang Duri, Jerata dan Jaluk.

Selain air bersih, kata Saleh, warga di pengungsian sekarang sangat membutuh tenda dan mesin genset untuk penerang ketika malam hari.

Tenda yang ada sekarang belum mencukupi untuk kebutuhan warga. "Tenda belum cukup dan genset untuk malam hari," ujarnya.

Sementara untuk makanan hingga hari ini masih mencukupi dan diharapkan bisa terus mengalir, untuk mmenutupi kebutuhan pengungsi yang belum ada kepastian kapan bisa kembali ke rumahnya.

"Tim medis juga sudah ada di titik-titik pengungsian, soal kesehatan belum begitu menjadi keluhan sampai sekarang. Masyarakat yang luka-luka masih bisa ditangani tim medis," ucapnya.

Menurutnya, jumlah rumah warga yang rusak berat di Ketol mencapai 600 unit lebih. "Tapi sampai sekarang masih terus kami data," katanya.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga masih terus mencari korban-korban yang dinyatakan hilang. Sampai kini enam warga Ketol diketahui masih hilang, mereka diperkirakan tertimbun reruntuhan bangunan.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4193 seconds (0.1#10.140)