Bintang Kejora berkibar di Solo

Senin, 01 Juli 2013 - 19:49 WIB
Bintang Kejora berkibar di Solo
Bintang Kejora berkibar di Solo
A A A
Sindonews.com - Bendera Bintang Kejora kembali muncul dalam aksi unjuk rasa mahasiswa Papua, di Bundaran Gladak, Kota Solo. mahasiswa yang menamakan dirinya dengan Aliansi Masyarakat Papua (AMP) itu menyerukan agar Papua dapat referendum.

Berdasarkan pantauan di lapangan, aksi AMP diikuti setidaknya 20 peserta aksi. Menurut mereka, dengan referendum, Papua dapat menentukan nasibnya sendiri, melalui solusi demokratis.

Dalam aksinya, mereka juga menuntu penghentian eksploitasi seluruh perusahaan Multy National Corporation seperti PT Freeport, Medco, Conindo.

"Kami minta aparat penegak hukum untuk menyelesaikan kasus-kasus pelanggaran HAM yang terjadi di tanah Papua, Kami bulan Melayu, Melayu adalah Indonesia. Kami minta pemerintah Indonesia untuk membuka ruang demokrasi dan memberikan hak untuk menentukan nasib sendiri sebagai solusi bagi rakyat Papua," jelas Korlap Aksi, John Wayne, Senin (1/7/2013).

Menurut John, unjuk rasa ini juga dilakukan karena bertepatan dengan peringatan 42 tahun proklamasi kemerdekaan Papua Barat.

Meski membawa bendera Bintang Kejora, aksi yang berlangsung di Bundaran Gladag ini tidak dijaga ketat oleh polisi. Setelah membacakan pernyataan sikapnya, mereka kembali melakukan longmarch dan membubarkan diri.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7740 seconds (0.1#10.140)