Padamkan api Riau, BNPB kekurangan pompa air

Kamis, 27 Juni 2013 - 10:15 WIB
Padamkan api Riau, BNPB kekurangan pompa air
Padamkan api Riau, BNPB kekurangan pompa air
A A A
Sindonews.com - Tim Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang menangani kabut asap di Riau kini mengaku kekurangan pompa air untuk memadamkan titik api.

Sampai hari ini baru ada 30 pompa air yang sudah berada di pos BNPB berlokasi di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru. Puluhan pompa air itu berasal dari perusahaan Sinar Mas Group.

"Kita sudah menyerahkan 30 mesin pompa untuk penanggulangan bencana asap," kata Humas Sinar Mas Forestry, Nurul Huda kepada Kamis (27/6/2013).

Selain pompa, Sinas Mas Group hari ini juga menyerahkan dua helikopternya untuk membantu pemadaman lewat udara melalui bom air.

Sementara itu Ketua Satgas Tanggap Darurat, Brigjen Teguh Raharjdo mengatakan saat ini untuk melakukan pemadaman melalui darat sedikitnya satu pleton pasukan minimal dilengkapi satu pompa air.

Setidaknya 2.000 pasukan TNI dari Jakarta dan 1200 personil TNI dari Riau sudah siap bekerja.

"Satu pleton itu ada 30 personil kalikan saja berapa yang kita butuhkan sekarang," kata Teguh yang juga menjabat Komandan Korem Wira Bima Pekanbaru.

Bila dihitung kebutuhan pompa air untuk pasukan TNI , berarti paling minim tim Satgas membutuhkan 106 pompa air.

Sementara saat ini pemadaman jalur darat tidak dilakukan oleh TNI saja, tapi Polri, BNPB dan instansi terkait juga dikerahkan. Berarti sangat banyak yang dibutuhkan.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6611 seconds (0.1#10.140)