Isuzu Elf disulap jadi tangki penimbun BBM

Selasa, 25 Juni 2013 - 20:29 WIB
Isuzu Elf disulap jadi...
Isuzu Elf disulap jadi tangki penimbun BBM
A A A
Sindonews.com - Polresta Denpasar, berhasil mengungkap aksi penimbunan 2.000 liter BBM bersubsidi di sebuah mobil Isuzu Elf yang telah dimodivikasi layaknya mobil tangki.

Aksi penimbunan BBM bersubsidi jenis solar, itu dilakukan saat menjelang pengumuman penyesuaian harga BBM bersubsidi oleh pemerintah, pada 22 Juni 2013.

Menariknya, untuk menghindari kecurigaan, Sutrisno (41) pemilik mobil Elf, itu mengubah habis kendaraan bercat biru dan berkaca gelap miliknya, dengan memasang dua tangki besar berbentuk kotak persegi panjang di dalam mobil bernopol DK 9090 GZ tersebut.

“Dua bak tangki, itu mampu menampung dua ribu liter solar yang siap dipasarkan kembali,“ ujar Kasubag Humas AKP Ida Bagus Made Sarjana, saat jumpa pers, di Bali, Selasa (25/6/2013).

Sutrino yang berasal dari Watugowok RT 1 RW 3 Sragi Songgon Banyuwangi, itu masih menjalani pemeriksaan. Soal kemana BBM itu akan dijual kembali oleh tersangka yang tinggal di Pesangggrahan GG Uam Kencana, No 60. Denpasar, masih dalam penyelidikan petugas.

Selain Sutrisno, petugas menangkap anak buahnya Nurfaizi (27) dan dua petugas SPBU yang turut terlibat aksi penyelewenangan penggunaan BBM bersubsidi.

Dijelaskan Sarjana, aksi kawanan ini dilakukan pada 20 Juni lalu menjelang pengumuman kenaikan harga BBM di sebuah SPBU di Jalan By Pass Ngurah Rai, Denpasar.

Tim buser dari Unit IV Satreskrim Polresta Denpasar yang mendapat informasi adanya penyimpangan penggunaan BBM bersubsidi langsung menggerebek sekira pukul 04.00 Wita di SPBU tersebut. “Saat digerebek petugas tengah melakukan pengecoran BBM ke mobil tersangka,“ imbuh Sarjana.

Untuk memuluskan aksinya, tersangka bekerja sama dengan petugas SPBU dengan memberi uang sogokan sebesar Rp200 ribu. Atas perbuatanya, Sutrisno dan tersangka lainnya dijerar Pasal 53 UU No 22 tahun 2001 tentang Migas yakni pengangkutan BBM tanpa izin dengan ancaman pidana empat tahun bui.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6729 seconds (0.1#10.140)