Nyaleg, 12 Kades mundur

Jum'at, 21 Juni 2013 - 17:57 WIB
Nyaleg, 12 Kades mundur
Nyaleg, 12 Kades mundur
A A A
Sindonews.com - Sedikitnya 12 pejabat desa terdiri dari Kepala Desa (Kades) dan Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) sedang diproses pergantiannya oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muarenim. Mereka mengundurkan diri dari jabatannya karena mencalonkan diri sebagai calon legislatif (Caleg).

Ketua BPD Desa Gunung Raja Kecamatan Rambang Dangku Kabupaten Muaraenim, Armanto mengatakan, untuk Desa Gunung Raja, sudah dua bulan terakhir posisi kades-nya kosong. "Surdianto (Kades Gunung Raja, mundur melengkapi persyaratan bakal caleg," katanya, Jumat (21/6/2013).

Terkait hal ini, BPD Desa Gunung Raja, telah mengusulkan pergantian Kades tersebut ke Pemkab Muaraenim melalui Kantor Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) dan Pemerintahan Desa (Pemdes) Kabupaten Muara Enim. Namun, hingga saat ini hal tersebut masih dalam proses.

“Kita meminta agar kekosongan ini jangan terlalu lama. Sebab masyarakat membutuhkan pemimpin di desa untuk mengatur pemerintahan desa Gunung Raja,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Kantor PMD dan Pemdes Kabupaten Muaraenim, Fajeri Erham ketika dikonfirmasi membenarkan adanya 12 Kades dan BPD yang mengundurkan diri dari jabatannya sebagai syarat Caleg untuk Pemilu 2014 mendatang.

Menurut Fajeri, dikarenakan adanya kekosongan itu maka diperlukan segera pergantiannya agar proses pemerintahan desa dapat berjalan sebagaimana mestinya.

“Usulan pergantian diusulkan oleh desa yang bersangkutan berdasarkan musyawarah desa,” pungkasnya.

Saat ini, kata Fajeri, untuk dua desa yakni Desa Gunung Raja dan Desa Muara Gula proses usulan pergantian Kades sudah diajukan ke Bupati Muaraenim dan sudah turun ke Bagian Hukum Pemkab Muaraenim.

Selanjutnya akan diteruskan ke kecamatan masing-masing agar segera dilantik. Sedangkan tiga usulan bakal calon Kades lainnya, saat ini masih dalam proses pengajuan ke Bupati Muaraenim.

“Bila pengajuan sudah disetujui, maka dalam waktu tidak terlalu lama pengganti Kades akan segera dilantik,” tutur Fajeri Erham
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5114 seconds (0.1#10.140)