Desak Pilkades ulang, warga Wonorejo blokir jalan

Kamis, 20 Juni 2013 - 12:59 WIB
Desak Pilkades ulang, warga Wonorejo blokir jalan
Desak Pilkades ulang, warga Wonorejo blokir jalan
A A A
Sindonews.com - Ditengarai terjadi penggelembungan suara dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Wonorejo, Kecamatan Sumber Gempol, Kabupaten Tulungagung, Jawa tengah, ratusan warga mendesak Pilkades ulang.

Untuk menekan pihak Pemkab, ratusan warga juga melakuan aksi blokir jalan protokol Kota Tulungagung. Akibatnya, jalan tersebut lumpuh total.

"Kami akan bertahan disini menutup jalan sampai tuntutan kita dipenuhi Pemkab Tulungagung," teriak Koordinator aksi Heri Widodo dalam orasi Kamis (20/6/2013). Pilkades yang digelar 25 Mei 2013 lalu disinyalir sarat kecurangan.

Panitia dan oknum pejabat Pemkab Tulungagung diduga sengaja melakukan rekayasa guna memenangkan istri inkumben. Salah satunya adanya jumlah surat suara yang masuk ke dalam kotak suara lebih besar dari jumlah undangan (pemilih).

Karena diketahui salah seorang anggota BPD, oleh panitia selisih penggelembungan sebanyak 116 suara itu dibakar.

"Kami tidak mau dibohongi seperti ini. Kasus ini harus diusut tuntas," tegas Heri. Selain mendesak Pilkades ulang, massa juga menuntut Kabag Pemerintahan Pemkab Tulungagung untuk turun.

Sebab kabag pemerintahan yang diduga sebagai akar permasalahan. Sementara dengan penutupan jalan, akses lalu lintas jalan protokol lumpuh total.

Petugas mengalihkan arus lalu lintas melalui jalur alternatif. Saat ini perwakilan massa masih ditemui oleh sejumlah pejabat Pemkab Tulungagung.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7787 seconds (0.1#10.140)