Melaut, nelayan Jepara temukan kayu gelondongan

Jum'at, 14 Juni 2013 - 15:56 WIB
Melaut, nelayan Jepara...
Melaut, nelayan Jepara temukan kayu gelondongan
A A A
Sindonews.com - Sejumlah nelayan di Kabupaten Jepara menemukan ribuan kubik kayu gelondongan jenis Meranti ditengah laut. Satuan Polisi Air Polres Jepara langsung menelusuri asal kayu tersebut.

Belakangan diketahui, kayu tersebut sebenarnya dibawa oleh kapal tongkang. Namun ditengah laut dihempas ombak hingga lambung tongkang bocor dan membuat ribuan kubik kayu gelondonan jenis meranti tersebut tercecer di laut.

Salah seorang nelayan yang menemukan kayu gelondongan itu adalah Suyono, 50, RT 16 RW V Kelurahan Jobokuto, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara. Suyono mengaku berhasil membawa lima batang kayu gelondongan yang ditariknya dari tengah laut dengan menggunakan perahu.

"Waktu itu saya mencari ikan di tengah laut. Ternyata ada kayu gelondongan yang tersangkut jaring ikan yang saya pasang. Oleh karena itu kayunya saya tarik ke darat, buat ganti jaring saya yang rusak dan ongkos BBM karena tidak jadi dapat ikan," kata Suyono, di Jepara, Jumat (14/6/2013).

Info penemuan kayu gelondongan ini rupanya langsung menyebar. Aparat Satpolair Polres Jepara juga langsung menerjunkan personel di lapangan. Ternyata Suyono hanya salah satu nelayan saja. Sebab ada belasan nelayan lain yang juga mendapat kayu gelondongan serupa.

Dari hasil penyelidikan sementara, sedikitnya sudah ada 31 kayu gelondongan jenis Meranti yang ditemukan nelayan. Puluhan kayu asal Kalimantan itu saat ini diamankan oleh para nelayan di pesisir pantai terdekat dari rumah mereka.

Ada kayu yang diamankan di Pantai Telukawur, Kecamatan Tahunan; Perairan Sekembu; Pantai Ujungbatu, Bulu dan Demaan Kecamatan Jepara dan ada juga yang di pesisir pantai wilayah Kepulauan Karimunjawa. Ukuran kayu yang diamankan ini beragam.

Untuk panjangnya berkisar antara 10 - 24 meter dengan diameter sekira 30-100 cm.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9865 seconds (0.1#10.140)