Perumahan nelayan Kulonprogo kurang diminati

Sabtu, 01 Juni 2013 - 12:35 WIB
Perumahan nelayan Kulonprogo kurang diminati
Perumahan nelayan Kulonprogo kurang diminati
A A A
Sindonews.com - Perumahan nelayan Kulonprogo ‘KUB Binangun’ di sisi timur laut pelabuhan ikan Tanjung Adikarto, Wates minim peminat. Dari 25 unit bangunan rumah yang ada, hanya tujuh unit yang ditempati nelayan. Sedangkan sisanya dibiarkan tak berpenghuni.

Ketua KUB Binangun Sujatno mengatakan, sebenarnya seluruh bangunan yang berdiri sejak 5 tahun lalu memiliki penghuni. Namun, penghuni yang berasal dari nelayan Kulonprogo mulai Trisik hingga Congot lebih memilih tinggal di rumah sendiri.

“Alasannya macam-macam, ada yang karena lokasnya jauh. Ada juga yang katanya nanggung karena ada urusan. Pokoknya macam-macam. Walau pun cenderung dibuat-buat,” kata Sujatno, Sabtu (1/6/2013).

Dia menjelaskan, awalnya, Dinas Kelutan, Perikanan dan Peternakan setempat membuka pendaftaran bagi seluruh kelompok nelayan untuk mengisi perumahan. Namun setelah disurvei lebih jauh, terpilih 25 nelayan mewakili masing-masing kelompok.

Tapi sayang, mereka yang terpilih tak juga menghuni perumahan itu. Padahal kondisinya cukup memadai. Bangunan tipe 21 dilengkapi dua kamar tidur plus satu kamar mandi. Nelayan juga diberi pompa penyedot air untuk kebutuhan air bersih.

Fachrudin (56) sesepuh nelayan di perumahan itu menambahkan, untuk hidup di perumahan sebenarnya tidak sulit. Saat tidak melaut, warga bisa menggarap lahan milik warga lainnya dengan sistem sewa.

“Tapi saya menggarap lahan sendiri, karena lokasinya dekat,” kata dia.

Sujat dan Fachrudin berharap, dinas tidak tinggal diam. Dinas bisa meminta nelayan untuk menghuni perumahan, atau mendata ulang nelayan yang akan menjadi penghuni baru.

“Yang penting jangan dibiarkan terbengkalai. Sayang, bangunannya sangat bagus,” tambahnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7254 seconds (0.1#10.140)