2 harimau Bengala asal KBR tiba di Medan

Jum'at, 31 Mei 2013 - 16:48 WIB
2 harimau Bengala asal KBR tiba di Medan
2 harimau Bengala asal KBR tiba di Medan
A A A
Sindonews.com - Kebun Binatang Medan atau Medan Zoo kembali mendapat pasokan satwa. Sepasang harimau Bengala asal Kebun Binatang Ragunan (KBR) menjadi penghuni baru Medan Zoo.

Pemindahan dua satwa buas ini merupakan rangkaian kerjasama kedua kebun binatang sebagai lembaga konservasi dalam melakukan barter satwa.

Kedua satwa ini melewati perjalanan darat selama tiga hari, sepasang harimau Bengala asal KBR ini tiba di Medan Zoo, Jumat (31/5/2013) siang di Jalan Pintu Air, Kelurahan Simalingkar B, Kecamatan Medan Selayang.

Sepasang satwa tersebut diberi nama Avatar, harimau jantan berusia 6 tahun dan Wesa harimau betina berusia 7 tahun. Denga hati-hati, kedua satwa ini dikeluarkan dari kerangkeng besi dan selanjutnya dimasukkan ke dalam kandang.

Menurut pihak Medan Zoo, proses pertukaran satwa ini sudah berlangsung sejak tahun 2012 silam. Setelah adanya persetujuan dari Dirjen Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam, Kementerian Kehutanan.

Sementara itu, Ari Nugroho Koordinator Satwa KBR mengatakan, pemindahan satwa ini merupakan rangkaian barter antara kedua kebun binatang yang tergabung dalam lembaga konservasi.

"Kami sengaja mengirimkan harimau Bengala ke Medan karena kebun binatang Medan tidak memiliki harimau jenis tersebut," kata Ari di Medan Zoo, Jumat (31/5/2013).

Ia menegaskan, penambahan jenis satwa baru ini untuk memenuhi koleksi satwa yang lebih banyak lagi.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6804 seconds (0.1#10.140)