Komnas HAM telusuri kasus kekerasan Jurnalis Malang Post

Jum'at, 26 April 2013 - 16:04 WIB
Komnas HAM telusuri...
Komnas HAM telusuri kasus kekerasan Jurnalis Malang Post
A A A
Sindonews.com - Tim pemantau Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) hari ini mengumpulkan sejumlah keterangan terkait kasus kekerasan terhadap Jurnalis Malang Post, Ira Ravika, yang terjadi Rabu 9 Januari 2013 lalu.

Komnas HAM pertama kali meminta keterangan kepada Malang Post, di mana Ira Ravika bekerja. Tim Komnas HAM yang berjumlah empat orang ini dipimpin komisioner Komnas HAM Siane Indriani.

Mereka datang atas aduan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Malang terkait kekerasan yang dialami Ira dengan nomor berkas pengaduan perkara 83.385.

Menurut Komisioner Komnas HAM, Siane Indriani, berdasarkan kronologis dan hasil dialog, bisa diambil kesimpulan jika kekerasan yang dialami Ira Ravika terkait berita yang dia tusli sebelumnya.

"Hal ini dikuatkan dengan adanya ancaman baik berupa SMS maupun telepon kepada Ira Ravika," kata Siane Indriani, Jumat (26/4/2013).

Komnas HAM menyesalkan kejadian tersebut karena merupakan bagian pemembungkaman atas hak masyarakat memperoleh informasi. Menurutnya, tidak bisa sorang jurnalis dianiaya atas terkait berita yang dia tulis.

"Dalam urut-urutan tanggung jawab pemberitaan, Pimred yang seharusnya menjadi penanggung jawab," katanya.

Selain mendatangi Kantor Malang Post, Komnas HAM juga berencana datang ke Kdim 0833 Kota Malang, namun tidak diterima oleh pihak Kodim. Komnas HAM kemudian melanjutkan dialog dan meminta keterangan kepada pihak Kepolisian terkait perkembangan kasus ini.

Untuk diketahui, jurnalis Malang Post, Ira Ravika mengalami patah tulang tertutup di lengan kanan akibat dianiaya orang tak dikenal, Rabu 9 Januari 2013. Diduga penganiayaan ini terjadi akibat pemberitaan yang dimuat di harian Malang Post pada Jumat 4 Januari 2013. Pelaku dua orang, berboncengan mengendarai sepeda motor. Ira ditendang hingga terjatuh dari sepeda motor.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1175 seconds (0.1#10.140)