Di luar negeri, jarang ada artis mau nyaleg

Kamis, 25 April 2013 - 08:30 WIB
Di luar negeri, jarang ada artis mau nyaleg
Di luar negeri, jarang ada artis mau nyaleg
A A A
Sindonews.com - Fenomena artis yang maju sebagai calon legeslatif (Caleg) memang marak. Baik dari kalangan, Penyanyi, Pesinetron hingga model bakal berebut kursi di wakil rakyat. Hal itu terlihat dari daftar calon sementara (DCS) yang diserahkan ke KPU.

Menurut Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Jawa Timur, Soeprayitno, fenomena artis terjun sebagai caleg tentunya sangat banyak di Indonesia. Berbeda dengan kondisi di luar negeri. Kata Soeprayitno, menjadi wakil rakyat memiliki tugas yang berat sehingga di luar negeri artis jarang ada yang nyaleg.

"Karena ketika jadi harus bertugas mengemban amanah rakyat. Seperti sebagai wakil rakyat harus mengoptimalkan fungsi pengawasan, legislator, penganggaran hingga hal-hal yang berhubungan dengan kenegaraan," kata Anggota DPR RI dari Partai Gerindra, Kamis (25/4/2013).

Meski demikian, ia mengatakan tidak yang salahnya seorang artis untuk terjun di dunia politik. Karena memang menyangkut hak berpolitik setiap warga negara. Namun demikian untuk terjun ke dunia politik harus memiliki bekal yang mumpuni.

"Jangan beranggapan semua artis bodoh. Banyak artis yang memiliki kapabilitas dalam dunia politik. Namun demikian tuga menjadi legislator sangatlah berat. Itulah alasannya kenapa di luar negeri jarang ada artis yang mau nyaleg," ujarnya.

Soeprayitno juga mengungkapkan untuk kursi DPR RI di wilayah Jawa Timur, Partai Gerindra memasang Pembalap Nasional Moreno Soeprapto di Dapil Malang, Jawa Timur.

"Saya kira dia bukan artis lah. Dia adalah representasi dari anak muda yang berprestasi. Tentunya memiliki kapabilitas untuk dunia politik," ujarnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7147 seconds (0.1#10.140)