Lagi konsolidasi, pendaftaran caleg sepi

Jum'at, 19 April 2013 - 12:59 WIB
Lagi konsolidasi, pendaftaran caleg sepi
Lagi konsolidasi, pendaftaran caleg sepi
A A A
Sindonews.com - Menjelang pemilihan legislatif (Pileg) sejumlah partai politik (Parpol) hingga tampaknya masih melakukan konsolidasi. Buktinya hingga kini, Komisi Pemilihan Umum Sulawesi Barat (KPU Sulbar) belum menerima satupun parpol yang mendaftarkan bakal calon legislatif.

"Sampai sekarang belum ada parpol yang mendaftar. Kami menunggu hingga jam kedua kemarin. Pendaftaran itu kemungkinan besar mulai hari ini," kata Ketua Divisi Teknis Pemilu KPU Sulbar Supriyadi Yusuf di kantornya, Jumat (19/4/2013).

Belum adanya parpol yang mendaftar dipastikan karena masih ada persyaratan para caleg yang belum terpenuhi. Kemudian sejumlah parpol masih melakukan konsolidasi dengan para pengurus dan calegnya. Ada perubahan pola dan strategi pemilu 2014 dibanding pemilu sebelumnya.

Ketua DPD I Partai Golkar Sulbar Anwar Adnan Saleh, mengungkapkan, hingga saat ini parpolnya masih terus melakukan konsolidasi dengan para pengurus dari seluruh tingkatan. Untuk menyatukan visi dan misi, tidak hanya mengejar kemenangan partai.

Disebutkan, kemungkinan besar Partai Golkar akan mendaftarkan calegnya tepat saat deadline pendaftaran, tanggal 22 April 2014. Namun itu bukan harga mati. Bisa saja hari ini atau besok, asal konsolidasi itu sudah benar-benar matang.

Berbeda dengan Partai Golkar. Ketua DPD Partai Demokrat Sulbar, Suhardi Duka (SDK), menyebutkan bahwa akan mendaftarkan calegnya besok (Sabtu, 20 April 2013). Parpolnya sudah siap tempur dalam pemilu 2014 nanti. Sebagai runner up dalam pemilu 2009 lalu, SDK tidak merincikan perolehan kursi maupun suara dalam pemilu 2014 nanti.

"Kami menargetkan dapat kursi di semua dapil. Mengenai jumlahnya, itu nanti. Yang pasti, setiap dapil harus ada caleg dari demokrat," katanya.

Ketua DPD Partai Hanura Sulbar Faturrahaman, mengatakan, calegnya akan didaftarkan ke KPU secara serentak atau bersamaan. Seluruh caleg baik provinsi maupun kabupaten partai ini akan didaftarkan pada Senin 22 April 2013 lusa. Pendaftaran ini akan diikuti oleh seluruh calegnya.

"Berdasarkan kesepakatan, kami akan melakukan pendaftaran pada hari Senin lusa ke KPU Sulbar. Bertepatan dengan batas akhir pendaftaran caleg," katanya.

Dia menyakinkan caleg partai Hanura untuk pemilu 2014 mendatang seluruhnya potensial. Sebagai aturan yang diberlakukan KPU, partai ini pun memiliki caleg wanita sebanyak 30 persen dari jumlah caleg yang diajukan.

"Untuk caleg provinsi, kami mengajukan sembilan orang. Tiga orang diantaranya adalah wanita yang sudah tentu memiliki kapasitas dan potensi," katanya.

Partai Hanura di Sulbar pada pemilu tahun 2009 yang lalu telah meraih prestasi terbaik dengan meraih dua kursi di DPRD Provinsi Sulbar setelah menjadi pemenang ketujuh. Setelah Partai Golkar, Demokrat, PAN, PDK, PDI-P, dan Gerindra.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6584 seconds (0.1#10.140)