Tiga pasang kandidat akan jalani tes kesehatan

Kamis, 11 April 2013 - 16:44 WIB
Tiga pasang kandidat akan jalani tes kesehatan
Tiga pasang kandidat akan jalani tes kesehatan
A A A
Sindonews.com - Tiga pasang Bakal Calon (balon) Bupati dan Wakil Bupati Lahat dijadwalkan melakukan pemeriksaan kesehatan (medical check up) di Graha Spesialis RS Moehammad Hoesin (RSMH) Palembang, Sabtu 13 April 2013 mendatang.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Lahat, Darsi Elyanto memastikan, ketiga pasang kandidat yakni Saifudin Aswari Rivai - Marwan Mansyur (SA-MA), Herliansyah - Ariestoteles (HERO), dan Rozi Adriansyah - Masri (ROMA) telah mendapatkan surat pemberitahuan agar segera mengikuti tahapan verifikasi Pilkada Lahat yang digelar 7 Juni mendatang.

"Untuk teknis pemeriksaannya, diserahkan sepenuhnya kepada tim medis dan dokter spesialis di rumah sakit tersebut. Termasuk untuk item item pemeriksaan seperti cek gula darah, darah, jantung, serta item lainnya. Itu wewenang tim medis sendiri," ujar Darsi, Kamis (11/4/2013).

Darsi juga mengatakan, untuk urutan pasangan balon sendiri, sementara masih berdasarkan urutan balon saat mendaftar dan mengambil formulir di KPU beberapa waktu lalu.

"Penetapan nomor urut Pilkada belum kita laksanaan. Tapi untuk pemeriksaan kesehatan, mungkin dilakukan secara bergantian. Sama seperti tahapan sebelumnya," katanya.

Untuk hasil pemeriksaan kesehatan ini, lanjut Darsi, akan diumumkan bersama dengan hasil verifikasi secara keseluruhan bagi ketiga balonbup dan balonwabup pada 20 April mendatang.

“Sedangkan untuk penetapan nomor urut calon, pada 23 April,” tambah Darsi.

Untuk persiapan jelang pemeriksaan kesehatan, salah satu balonbup pasangan HERO, Herliansyah mengaku siap mengikuti tahapan pilkada tersebut. Kendati Ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ini tidak memiliki tips khusus, tapi ia dan pasangannya, Ariestoteles bakal menjaga pola makan serta mengurangi begadang dengan tidur teratur.

"Kita serahkan kepada tim medis. Insyallah kita siap melakukannya," ujar Herliansyah.

Hal yang sama juga diungkapkan, incumbent, Saifudin Aswari Rivai - Marwan Mansyur. Keduanya siap mengikuti ketentaan dan aturan yang berlaku.

"Kita telah mendapatkan saran terkait persiapan sebelum tes kesehatan digelar nantinya," kata Aswari.

Tak hanya itu, pengalaman pada saat Pilkada 1998 silam menjadi pelajaran yang bisa kita lakukan kembali. "Pada masa itu, semua berjalan baik. Harapan kita juga akan demikian dengan seluruh kandidat yg lain," pungkasnya
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5564 seconds (0.1#10.140)