KPU kembalikan berkas tiga calon

Kamis, 21 Maret 2013 - 17:47 WIB
KPU kembalikan berkas tiga calon
KPU kembalikan berkas tiga calon
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Lahat menyatakan telah merampungkan pemeriksaan berkas ketiga pasangan Bakal Calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati Lahat yang sebelumnya mengambil formulir dalam Pilkada Lahat mendatang.

Kasubag Teknis Pemilu dan Hubmas KPUD Lahat, Dahnis mengakui jika keseluruhan berkas pasangan Saifuidn Aswari Rivai - Marwan Mansyur (SAMA), Herliansyah - Ariestoteles (HERO), dan Rozi Adiansyah-Masri (ELOK) telah selesai dilakukan penelitian administrasi oleh delapan dinas dan instansi pemerintah.

“Semuanya sudah diverifikasi. Kendati demikian, ketiganya masih harus dilakukan perbaikan mengingat banyaknya kekurangan berkas tersebut,” tegas Dahnis, Kamis (21/3/2013).

Kekurangan dokumen tersebut nantinya akan dilengkapi pada tahapan perbaikan. Jika memang ada yang harus dilengkapi, KPUD Lahat segera berkoordinasi kepada masing masing pasangan untuk segera memenuhinya.

Ia menjelaskan, kelengkapan berkas yang kurang tersebut wajib dilengkapi pasangan calon selama tujuh hari . “Apabila semuanya telah rampung dan terpenuhi, maka, kita kembali meneliti ulang atau verifikasi kedua, apakah pasangan cabup-cawabup telah memenuhi persyaratan atau tidak,” katanya dia seraya enggan menyebutkan secara rinci kekurangan berkas yang dimaksud.

Sebelum melaksanakan pleno tersebut, berdasarkan jadwal yang ada pada 13 April 2013, tiga pasangan tersebut akan menjalankan pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Mohammad Hoesin (RSMH).

“Apabila tahapan demi tahapan telah dijalani dengan baik, maka, KPU akan melakukan rapat pleno guna menetapkan, apakah calon bersangkutan memenuhi persyaratan atau tidak, kemudian diumumkan pengundian nomor urut balon Bupati dan Wakil Bupati,” pungkas Ketua KPUD Lahat Darsi Elyanto.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9747 seconds (0.1#10.140)