Habitat terganggu, buaya masuk ke pemukiman

Rabu, 20 Maret 2013 - 18:52 WIB
Habitat terganggu, buaya masuk ke pemukiman
Habitat terganggu, buaya masuk ke pemukiman
A A A
Sindonews.com - Seekor buaya dengan panjang 2,5 meter masuk ke pemukiman warga di Desa Guntung, Bontang, Kalimantan Timur. Buaya ini disinyalir masuk ke pemukiman warga dan berusaha masuk ke kolam ikan untuk mencari makan.

Buaya ini kemudian dievakuasi oleh petugas Balai Taman Nasional Kutai bersama warga setempat.

"Mereka mencari makan ke pemukiman warga karena habitatnya di Sungai Kanibungan sudah terganggu," kata Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Kutai Wilayah 1 Sangatta, Hernowo supriyanto, Rabu (20/3/2013).

Hernowo menegaskan, petugas akan memindahkan buaya ini ke Telaga Bening, Desa Teluk Pandan, Kabupaten Kutai Timur yang masuk wilayah Taman Nasional Kutai.

Ini bukan kasus pertama, sebelumnya seekor buaya yang lebih besar juga harus dipindahkan karena masuk ke pemukiman warga.

Buaya sepanjang empat meter pernah dipindahkan dari Desa Teluk Pandan, Kabupaten Kutai Timur ke Telaga Bening. Buaya ini terjebak di sumur milik warga dan diduga berupaya memakan ayam.

"Konflik manusia dan buaya mulai sering terjadi karena habitat buaya muara di Sungai Kanibungan, Sungai Teluk Pandan, Sungai Sangkima, Danau Telaga Bening dan Sungai Sangatta mulai rusak," tambah Hernowo.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6956 seconds (0.1#10.140)