Tagih janji, warga geruduk pabrik susu

Rabu, 20 Maret 2013 - 12:57 WIB
Tagih janji, warga geruduk...
Tagih janji, warga geruduk pabrik susu
A A A
Sindonews.com - Ratusan warga Desa Tejowangi Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan berunjukrasa didepan pabrik pengolahan susu Indolakto. Mereka menagih janji perusahaan untuk mempekerjakan warga sekitar dan menyerahkan pengolahan limbah ke warga.

Dalam aksi ini, warga sempat memblokir jalur Malang-SUrabaya yang berada tepat di depan pabrik. Mereka kesal karena tak satupun perwakilan perusahaan menemui mereka.

Aksi unjukrasa ini diawali dengan aksi longmarch dari balai desa setempat. Aksi jalan kaki ini sempat membuat jalur Surabaya-Malang terhambat beberapa saat.

Dalam orasinya, Sugiharto, korlap aksi meminta agar perusahaan segera merealisasi kesepakatan yang pernah dibuat.

"Kami menagih janji perusahaan Indolakto. Karena janji-janji itu tidak pernah diberikan kepada masyarakat," tegas Sugiharto di depan pabrik, Rabu (20/3/2013).

Warga yang merasa kesal karena tidak juga ditemui manajemen perusahaan, akhirnya melampiaskan kekecewaannya dengan memblokir jalur Malang-Surabaya. Beruntung aksi warga ini berhasil dicegah aparat kepolisian, sehingga ruas jalur vital ini kembali berjalan normal.

Perwakilan warga akhirnya bernegosiasi dengan manajemen perusahaan. Hanya saja, pihak manajemen tidak bisa memberikan keputusan atas tuntutan warga tersebut.

Menurut Yasman, HRD PT Indolakto, tuntutan warga sementara ditampung lebih dulu. Tuntutan ini akan disampaikan kepada manajemen pusat untuk ditindaklanjuti kebijakan pimpinan.

"Kami terima tuntutan warga. Akan kami sampaikan pada manajemen pusat," kata Yasman.

Merasa tak puas dengan jawaban manajemen, warga memutuskan memasang tenda didepan pabrik susu Indolakto. Warga akan meninggalkan lokasi pabrik, jika pengambil keputusan diperusahaan tersebut menemui dan menyetujui tuntutan warga.

"Kami akan bertahan sampai pihak perusahaan memenuhi tuntutan warga," tandas Sugiharto.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1172 seconds (0.1#10.140)