Tidak netral, Kapolres Sula laporkan Ketua KPUD

Rabu, 20 Maret 2013 - 04:00 WIB
Tidak netral, Kapolres Sula laporkan Ketua KPUD
Tidak netral, Kapolres Sula laporkan Ketua KPUD
A A A
Sindonews.com - Kapolres Kabupaten Kepulauan Sula Maluku Utara (Malut) AKBP Haddy W melaporkan sikap Ketua Komisi Pemilihan Daerah (KPUD) Kabupatern Sula, Nurdin Sapsuha yang dinilai tidak netral dalam menjalankan tugasnya sebagai penyelengara pemilukada.

Haddy mengatakan, pada saat pelaksanaan Bimtek PPK dan PPL se Kabupaten Sula beberapa waktu lalu, Ketua KPUD Sula, Nurdin Sapsuha dalam sambutannya mengajak agar semua peserta yang hadir termasuk PPK-PPL mendukung dan memenangkan Bupati Sula Ahmad Hidayat Mus (AHM) sebagai Gubernur Malut pada pemilukada 01 Juli 2013 nanti.

"Saya sudah sampaikan ke Bawaslu pada saat rakor Gamgudu terkait ketidak netralan Ketua KPUD tersebut. Saya sebagai penegak hukum menginfokan ke Bawaslu," Kata AKBP Haddy W dalam pesan singkatnya, Selasa 19 Maret 2013.

Haddy menambahkan, Ketua KPUD Nurdin Sapsuha dalam sambutannya pada acara tersebut mengatakan, pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur, Kabupaten Sula mempunyai anak daerah yang cerdas yakni, Bupati Ahmad Hidayat Mus yang saat ini mencalonkan diri sebagai Gubernur.

"Maka wajib yang hadir dalam acara ini harus mendukung dan memenangkan pak bupati sebagai Gubernur Malut periode 2013-2018," kata Kapolres meniru pernyataan Ketua KPUD sula.

Di tambahkan Haddy, tindakan yang dilakukan Ketua KPUD tersebut dinilai tidak netral lagi sebagai seorang penyelenggara. Hal tersebut di khawatirkan Kapolres akan membawa dampak kurang baik bagi kelangsungan pelaksanaan Pemilukada di Prov Malut, karena tindakan KPUD tersebut dikhawatirkan menimbulkan konflik.

"Saya kira tindakan Ketua KPUD ini akan menimbulkan konflik pada pemilukada nanti, karena penyelenggara tidak netral, dan terkesan berpihak kepada Kandidat tertentu," tambahannya.

"Saya meminta kepada Bawaslu Malut agar segera membentuk tim guna menyelidiki hal ini," tambahnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6785 seconds (0.1#10.140)