Eksekusi rumah di Semarang berlangsung ricuh

Rabu, 20 Maret 2013 - 03:00 WIB
Eksekusi rumah di Semarang berlangsung ricuh
Eksekusi rumah di Semarang berlangsung ricuh
A A A
Sindonews.com - Sebuah rumah yang terletak disamping Akademi Kepolisian Semarang dieksekusi juru sita dari Pengadilan Negeri Semarang.

Eksekusi dibawah pengawalan ketat aparat keamanan terhadap rumah milik Rastia Marina yang terletak di Jalan Bromo 2, RT 08 RW 01 Kelurahan Gajahmungkur, Kecamatan Gajahmungkur, itu berlangsung ricuh.

Pemicunya, penghuni yang terdiri dari lima anggota keluarga itu menolak dan melawan petugas, bahkan saat proses negosiasi gagal, petugas terpaksa melakukan tindakan keras dengan mengevaluasi semua penghuni rumah yang terus menghalangi petugas.

Menurut seorang penghuni, Rastia Marina, pihaknya keberatan atas pelaksanaan eksekusi karena proses hukumnya sementara berlangsung.

"Kami merasa ditipu dan ditindas. Kami tidak menerima perlakuan ini," katanya, Selasa 19 Maret 2013.

Sementara itu, Petugas juru sita PN Semarang, Sri Banowo mengatakan, eksekusi dilakukan atas perintah Ketua PN Semarang, yang telah ditetapkan pada tanggal 20 Februari lalu agar penghuni segera mengosongkan tanah atau rumah sertifikat nomor 81 seluas sekira 690 meter persegi itu.

Eksekusi rumah tersebut menyusul sengketa antara Ristia Mariana dan Lenny Agustin. Dalam perkara perdata baik di Pengadilan Negeri maupun ditingkat banding di Pengadilan Tinggi Jawa Tengah semua dimenangkan Leny Agustin.

Meski pihak Rastia sempat menyurati Komnas HAM agar merekomendasikan penundaan eksekusi, kepada Pengadilan Negeri Semarang, namun bantuan Komnas HAM tidak membatalkan eksekusi.

Komnas HAM sempat mengirim surat kepada pihak terkait, termasuk Pengadilan Negeri dan meminta agar Ketua PN Semarang membatalkan rencana eksekusi karena belum ada putusan hukum akhir.

Komnasham juga meminta Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Elan Subilan agar tidak melibatkan diri dalam pelaksanaan eksekusi.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4385 seconds (0.1#10.140)