Puluhan hektare sawah diserang ulat

Senin, 25 Februari 2013 - 17:12 WIB
Puluhan hektare sawah diserang ulat
Puluhan hektare sawah diserang ulat
A A A
Sindonews.com - Baru memasuki masa tanam, para petani di Desa Mengkenang Kecamatan Mulak Ulu, Kabupaten lahat, Sumatera Selatan resah dengan hama ulat yang menyerang 50 hektare lahan pertanian.

Salah satu petani, Doni (38) mengaku, sawah yang sudah ditanaminya padi berumur tiga minggu saat ini kondisinya terserang hama ulat daun atau gerayak.

"Kondisi padi daunnya memutih karena serangan hama ulat ini. Upaya penyemprotan sudah kami lakukan, tapi jelas memakan biaya, kami kerepotan," katanya, Senin (25/2/2013).

Kondisi ini juga terjadi di sawah-sawah yang ada disekitar tempatnya. Saat ini petani mulai kesusahan, dan berharap adanya perhatian serta bantuan dari pihak terkait, khususnya Pemkab Lahat.

"Kami sudah laporkan kondisi ini ke Kades, namun sampai saat ini, belum ada upaya penanggulangannya," ujarnya.

Sementara, Kades Mengkenang, Yong Mitingli mengakui kondisi ini. Pihaknya sudah menerima laporan, dan melihat kondisi dilapangannya yang mencapai 50 hektare terserang hama ulat.

Menurutnya, kasus ini sendiri sebenarnya sudah dilaporkannya ke petugas penyuluh lapangan (PPL) yang ada di Kecamatan, hanya saja sampai sejauh ini masih belum ada tindaklanjutnya.

Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Lahat, melalui Kabid Tanaman Pangan, Amirudin mengaku belum mendapatkan. Namun pihaknya berjanji akan mengirim tim kelapangan untuk melakukan pengecekan.

“Tim kita segera turun ke lokasi untuk melakukan pemberantasan hama ulat tersebut. Kita harap petani tidak terlalu khawatir,” pungkasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5531 seconds (0.1#10.140)