Ombak besar, Syahbandar Jepara setop pelayaran

Jum'at, 22 Februari 2013 - 15:09 WIB
Ombak besar, Syahbandar Jepara setop pelayaran
Ombak besar, Syahbandar Jepara setop pelayaran
A A A
Sindonews.com - Buruknya kondisi cuaca di perairan Laut jawa membuat pelayaran Jepara-Karimunjawa lumpuh. BMKG memprediksi, cuaca buruk ini akan berlangsung hingga Selasa 26 Februari 2013 mendatang.

Syahbandar Jepara Yuniarsono mengatakan berdasar informasi dari BMKG Jawa Tengah, sejak awal hingga akhir pekan ini kondisi cuaca di Perairan Laut Jawa memang tidak bersahabat.

"Ketinggian ombak antara 3–4 meter dengan kecepatan angin 15–23 knot,"ini cukup berbahaya bagi pelayaran," terangnya di Jepara, Jumat (22/2/2013).

Sejak Senin 18 Februari 2013, pihaknya tidak mengeluarkan izin berlayar bagi sejumlah armada laut tersebut seperti KMP Muria dan Bahari Express Cantika 89.

“Bahkan diperkirakan untuk beberapa hari mendatang ombak kian ganas. Ketinggiannya bisa mencapai enam meter,” jelasnya.

Kepala PT ASDP Indonesia Fery (Persero) Cabang Jepara, Zulkifli mengakui jika sudah beberapa hari ini KMP Muria memang tidak berlayar. Sebab ketinggian gelombang dan kecepatan angin di Perairan Jepara hingga Karimunjawa memang di atas normal.

Hal ini termasuk kategori rawan bahaya. Untuk kapal seperti KMP Muria ketinggian ombak yang masih bisa ditoleransi maksimal dua meter dengan kecepatan angin maksimal 11 knot per jam.

Menurut Zulkifli, pihaknya memang terpaksa tidak memberangkatkan KMP Muria. Terpenting menurut dia, adalah keselamatan baik untuk KMP Muria berikut crew, maupun para penumpang beserta barang-barangnya.

“Kita menunggu hingga cuaca membaik saja,” tandasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6718 seconds (0.1#10.140)