Pabrik susu Nestle didemo warga

Rabu, 20 Februari 2013 - 13:37 WIB
Pabrik susu Nestle didemo warga
Pabrik susu Nestle didemo warga
A A A
Sindonews.com - Ratusan warga Desa Tanggulangin, Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, berunjukrasa di depan PT Nestle. Mereka menuntut agar pabrik susu multinasional itu memberikan perhatian dan kepedulian terhadap kesejahteraan warga sekitar.

Kedatangan warga pada pergantian shift kerja ini sempat membuat karyawan PT Nestle kalang kabut. Pasalnya, warga memblokir pintu gerbang dan melarang karyawan masuk lokasi pabrik.

Dengan menggunakan pengeras suara, warga menuntut agar PT Nestle memberikan bantuan dana sosial untuk pembangunan fisik Rp300 juta. Sementara untuk nonfisik, warga menuntut agar ada pemberian siswa, pelatihan keetrampilan dan bantuan permodalan.

“Kami menagih janji Nestle yang katanya akan mensejahterakan warga desa. Namun kenyataannya sama sekali tidak ada pemberian bantuan dan perhatian kepada warga,” tegas korlap aksi, Saiful Rizal, Rabu (20/2/2013).

Menurut warga, tuntutan dana kompensasi tersebut merupakant imbal balik atas dampak limbah pabrik yang dirasakan warga. Sehingga tuntutan pembangunan sarana fisik tersebut merupakan hal yang sepantasnya.

Sarana fisik yang diminta warga adalah pembangunan kantor, tempat ibadah, pemavingan jalan dan pemulihan lahan pertanian. Sementara untuk dana operasional kantor, warga menuntut bantuan sebesar Rp5 juta/bulan.

Khusus terhadap rekrutmen tenaga kerja, lanjut Saiful, warga sekitar minimal berijazah SMP harus mendapat prioritas yakni 60 persen dari yang dibutuhkan.

Dalam perundingan warga di kantor desa setempat, PT Nestle yang diwakili Bambang Yudi, belum bisa memberikan jawaban atas tuntutan warga. Setelah berkonsultasi dengan manajemen pusat, PT Nestle baru akan memberikan jawaban pada satu pekan mendatang.

"Kami masih harus berkonsultasi dengan pihak-pihak terkait. Kami baru bisa memberikan jawaban seminggu lagi," kata Bambang Yudi.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9076 seconds (0.1#10.140)