Dede nilai jumlah kabupaten/kota kurang

Senin, 11 Februari 2013 - 16:36 WIB
Dede nilai jumlah kabupaten/kota kurang
Dede nilai jumlah kabupaten/kota kurang
A A A
Sindonews.com – Saat melakukan kampanye di Kabupaten Garut, Dede Yusuf menilai jumlah kabupaten/kota yang ada di Jawa Barat tak sebanding dengan jumlah penduduk. Akibatnya, pelayanan jadi tidak optimal.

Idealnya, kata Dede, sebuah kabupaten memiliki jumlah penduduk antara 1 juta hingga 1,5 juta jiwa.

“Saat ini jumlah penduduk per kabupaten/kota mencapai dua hingga lima juta jiwa. Inilah penyebab tidak optimlnya pelayanan publik di setiap kabupaten. Termasuk di Garut,” kata Dede saat melakukan kampanye di Garut Senin (11/2/2013).

Menurutnya, tidak heran bila Jabar disebut-sebut sebagai provinsi dengan penduduk terpadat di Indonesia.

Seharusnya, lanjut Dede, Jabar memiliki jumlah kabupaten dan kota lebih banyak dari saat ini yang hanya terdiri atas tujuh kota dan 18 kabupaten.

“Pemekaran wilayah ada di tingkat dua. Atau di wilayah Kabupaten kota. Jadi bukan provinsinya yang dimekarkan,” ucapnya.

Pemekaran wilayah di Jabar sendiri sebelumnya telah dirancang pada era 80-an silam. Berdasarkan rancangan tersebut, terdapat sejumlah kabupaten dan kota di Jawa Barat yang harus dimekarkan.

“Di antaranya, Kabupaten Pangandaran, Bogor Barat, Sukabumi Utara, Garut Selatan, Cirebon Timur, Indramayu Barat, Cianjur Selatan, dan Kota Cikarang,” sebutnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7637 seconds (0.1#10.140)