Empat pendaki hilang ditemukan

Sabtu, 09 Februari 2013 - 17:57 WIB
Empat pendaki hilang...
Empat pendaki hilang ditemukan
A A A
Sindonews.com – Setelah enam hari dinyatakan hilang, akhirnya empat dari lima pendaki berhasil ditemukan selamat di puncak Gunung Ganda Dewata, Kabupaten Mamahasa, Sulawesi Barat. Sementara satu orang pendaki belum berhasil ditemukan.

Mereka yang ditemukan adalah Muh Mukhsin dari Mapala Universitas Al Asyariah Al Mandari (Unasman), Awaluddin dari Mapala Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar), serta Nurhidayat dan Muhammad Ilham dari Mapala Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin, Makassar.

Sementara, satu orang pendaki lagi yakni Farham dari UIN Alauddin hingga kini belum ditemukan.

Berdasarkan laporan, Ahmad Qashlim, koordinator di posko induk Kampus Unasman, keempat rekannya tersebut ditemukan sekira pukul 14.00 Wita, Jumat8 Februari 2013 di puncak Gunung Ganda Dewata.

Keempatnya ditemukan oleh gabungan Mapala Sulsel dan Sulbar serta sejumlah relawan yang melakukan pencarian dan penyisiran sejak beberapa hari terakhir.

“Alhamdulillah, mereka ditemukan dalam keadaan selamat,” ujar Ahmad Qashlim yang akrab disapa Kele di lingkungan Mapala ini, ketika dihubungi SINDO, Sabtu (9/2/2013).

Kele menceritakan, dari pengakuan keempat pendaki itu, mereka tersesat ketika sudah mendekati puncak.

Seperti diketahui, kelima pendaki yang berangkat dari Base Camp Mapala Unasman sejak 22 Januari 2013 menuju wilayah Rante Pongkok, Kecamatan Tabulahan, Mamasa. Pada Jum’at, 23 Januari 2013, dari Dusun Rante Pongkok, kelimanya mulai melakukan perjalanan menuju puncak Gunung Ganda Dewata.

Untuk sampai ke puncak dengan melalui 10 pos, biasanya ditempuh perjalanan selama tiga hari tiga malam. Para pendaki itu ditarget melakukan perjalanan selama satu minggu sesuai dengan persediaan logistik berupa bekal makanan yang dibawa.

Kemudian, pada 30 Januari sudah harus kembali ke posko di Rante Pongkok. Namun, hingga 2 Januari 2013. Hingga tadi malam, keempat pendaki yang ditemukan belum tiba di posko utama.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0442 seconds (0.1#10.140)