KPU tetapkan Sahto menangi Pilkada Tulungagung

Rabu, 06 Februari 2013 - 21:14 WIB
KPU tetapkan Sahto menangi Pilkada Tulungagung
KPU tetapkan Sahto menangi Pilkada Tulungagung
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tulungagung secara resmi menetapkan pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Syahri Mulyo- Maryoto Birowo (Sahto) sebagai pemenang Pilkada yang digelar 31 Januari 2013 lalu.

Berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara manual oleh KPU, pasangan Sahto peroleh 223.738 suara atau 48 persen.

Posisi kedua ditempati pasangan Bambang Adhyaksa-Anna Luthfie (Bangsa) dengan perolehan suara 125.612 atau 24,17 persen. Kemudian disusul pasangan Isman- Tatang Suhartono (Matang) sebanyak 81.327 suara atau 15,65 persen dan pasangan M Athiyah-Budi Setijahadi (Abdi) yang hanya memperoleh dukungan 78.989 suara atau 15 persen.

Hasil penghitungan manual ini tidak berbeda jauh dengan hasil quick count yang dirilis beberapa jam usai pemungutan suara.



“Rekapitulasi di KPU ini berdasarkan tahapan hasil penghitungan di TPS dan PPK. Dengan demikian pasangan Sahto terpilih dengan satu putaran,“ ujar Ketua KPU Tulungagung Suyitno Arman kepada wartawan, Rabu (6/2/2013).

Kecuali pasangan Bangsa, semua pasangan calon hadir dalam rapat pleno rekapitulasi yang digelar KPU Tulungagung. Tidak ada keterangan jelas mengenai ketidakhadiran pasangan yang diusung koalisi Partai Demokrat-PAN dan Partai Golkar tersebut.

Pihak saksi dari pasangan Bangsa juga tidak bersedia memberikan tanda tangan hasil rekapitulasi Pemilukada yang digelar KPU. Saksi mengatakan seharusnya KPU tidak melakukan rekapitulasi penghitungan dulu mengingat masih adanya pelanggaran pemilukada yang prosesnya masih berlanjut.

Sementara Cawabup Budi Setijahadi mengatakan, timnya menemukan adanya pelanggaran money politik terorgansir pada saat proses pemilukada berlangsung. Dan saat ini pasangan Abdi telah menyiapkan gugatan hukum.

“Kita akan lanjutkan masalah ini ke ranah hukum. Tim kami tengah menyiapkan segalanya,“ ujarnya.

Sementara Cabup terpilih Syahri Mulyo menyatakan terima kasih kepada seluruh masyarakat Tulungagung yang telah melaksanakan pemilukada dengan baik. Seperti yang disampaikan sebelumnya, Syahri Mulyo akan merangkul semua pihak untuk membesarkan dan memajukan Tulungagung.

“Sebab tanpa bantuan seluruh pihak, tentunya kami tidak bisa maksimal untuk membawa Tulungagung kea rah yang lebih baik,“ tuturnya.
(ysw)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1858 seconds (11.97#12.26)