Menolak direlokasi, pedagang ngadu ke Pembayun

Rabu, 06 Februari 2013 - 18:34 WIB
Menolak direlokasi,...
Menolak direlokasi, pedagang ngadu ke Pembayun
A A A
Sindonews.com - Pedagang Pasar Sentolo, Kulonprogo menolak rencana relokasi setelah pembangunan Pasar Bari di Desa Salamrejo, Sentolo, selesai. Pedagang mengadukan nasib mereka kepada GKR Pembayun yang merupakan Ketua Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) DIY.

Sukarjo, perwakilan pedagang mengatakan, pedagang yang kini menggantungkan hidupnya di pasar lama menolak relokasi yang direncanakan Pemkab Kulonprogo. Pedagang, kata dia, pernah mengirimkan surat ke pemerintah pusat dan presiden terkait penolakan relokasi.

"Kami ingin pasar ini tetap dipertahankan. Monggo kalau mau dibangun pasar yang megah di Salamrejo, tapi kami tetap di sini saja, di pasar yang lama," kata Sukarjo.

Kepala Desa Sentolo, Teguh membenarkan keresahan yang dialami para pedagang setelah beredar kabar adanya rencana relokasi. Menurutnya, pedagang sempat menggruduk dirinya. Mereka juga berencana menggelar demonstrasi.

Dia sendiri sepakat dengan penolakan warga. Pemkab, kata dia, diharapkan tidak mematikan pasar tradisional bersejarah karena sudah ada sejak zaman Belanda . Bila nantinya Pemkab sudah tidak menggunakan pasar tersebut, pemerintah desa akan memintanya untuk menjadi pasar desa.

"Kami tidak menghalangi pembangunan pasar di Salamrejo yang menjadi pasar percontohan nasional. Tapi yang diharapkan pasar ini tidak dimatikan," katanya.

Ketua Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia DIY, GKR Pembayun meminta agar para pedagang tidak mudah termakan isu. Para pedagang diminta tetap fokus berdagang dan menjaga kebersihan serta kenyamanan pasar. Dia berjanji akan memfasilitasi aspirasi pedagang dengan Pemkab.

"Jadi mungkin nanti ke depan kita akan membicarakan lagi untuk mencari solusi terbaik bagi pedagang pasar. Saya sendiri juga eman-eman kalau pasar yang sudah lama kemudian tidak berfungsi," katanya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0970 seconds (0.1#10.140)