KPU Jateng temukan ratusan pemilih siluman

Rabu, 06 Februari 2013 - 17:12 WIB
KPU Jateng temukan ratusan pemilih siluman
KPU Jateng temukan ratusan pemilih siluman
A A A
Sindonews.com - Saat melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) sejumlah data pemilih sementara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah menemukan ratusan pemilih siluman di Kabupaten Kudus.

Proses coklit digelar KPU Jateng di Desa Nganguk, Kecamatan Kudus, Kabupaten Kudus, Rabu (6/2/2013). Dari hasil coklit yang dilakukan tim Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) ditemukan adanya lebih dari 100 pemilih siluman dalam satu desa.

Daftar nama pemilih siluman tersebut sebagian besar sudah meninggal dunia. Selain itu ada pula pemilih yang ternyata sudah pindah ke daerah lain.

”Memang jumlahnya ratusan. Tapi tidak masalah, berarti coklit kita berhasil. Nanti daftar pemilih bermasalah ini akan kita perbaiki sehingga datanya bisa lebih valid,” kata Andreas, di Kudus, Rabu (6/2/2013).

Menurut Andreas data-data pemilih bermasalah tersebut nantinya akan masuk kategori pemilih tidak memenuhi syarat (TMS). KPU telah memiliki
aplikasi sendiri untuk mengelompokkan daftar pemilih yang tidak
memenuhi syarat.

”Daftar pemilih yang bermasalah tidak akan masuk lagi ke DPS baik Pilgub maupun Pilbup Kudus,” jelasnya.

Dalam proses coklit tersebut, kata Andreas selain menyisir daftar pemilih bermasalah, pihaknya juga melakukan penambahan daftar pemilih baru yang sebelumnya tidak masuk bahan DPS. Para pemilih baru yang terdata, nantinya akan dimasukkan langsung ke DPS yang akan dibuat.

“ Prosesnya memang masih panjang. Jadi jika sejak awal proses penyisiran daftar pemilih sudah ketat maka diharapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilgub maupun Pilbup Kudus bisa dipertanggungjawabkan validitasnya,” tandas Andreas.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.1295 seconds (0.1#10.140)