570 Ribu warga miskin segera terima kartu Jamkesmas

Senin, 28 Januari 2013 - 21:56 WIB
570 Ribu warga miskin segera terima kartu Jamkesmas
570 Ribu warga miskin segera terima kartu Jamkesmas
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis segera membagikan sekira 570 ribu kartu peserta Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) kepada warga miskin yang sudah masuk dalam pendataan di Kabupaten Ciamis.

Kartu tersebut akan dibagikan melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis. Dan, akan efektif diberlakukan mulai 2013 ini.

“Kartu Jamkesmas yang dibagikan pada 2013 ini mengalami penambahan dari tahun sebelumnya, yakni di tahun 2012 hanya tercatat sebanyak 350 ribu kartu Jamkesmas yang dibagikan,” ujar Kabid Pelayan Kesehatan (Yankes) Dinkes Ciamis Rijali Sopyan, Senin (28/1/2013).

Rijali menyebutkan, seklaipun ada peningkatan penerima jumlah kartu Jamkesmas secara signitifkan, namun tidak terkait dengan peningkatan jumlah kemiskin warga di Ciamis, data penerima Jamkesmas tahun 2013 ini diterima dari Pihak Badan Pusat Statistik (BPS) yang sangat valid dan bisa dipertanggung-jawabkan.

“Kartu peserta tersebut diserahkan langsung kepada masyarakat yang berhak menerimanya melalui Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan kecamatan setempat. Proses pendistribusianya, akan dibantu desa secara efektif, efisien, sehingga kartu ini bisa tepat sasaran,” jelas Rijali.

Menurut Rijali, penyerahan kartu Jamkesmas melalui Puskesmas di tiap kecamatan kepada warga miskin ini ditargetkan rampung paling lambat akhir Februari ini, dan dalam pelaksanaannya, ketentuan pembagian distribusi kartu tersebut berdasarkan petunjuk teknis dari program Jamkesmas sebagaimana diatur pemerintah pusat.

“Pendistribusian ini harus tepat sasaran, sehingga penerima manfaat Jamkesmas betul-betul warga yang tidak mampu. Kami juga mengharapkan, peran aktif berbagai pihak untuk mengawasi jalannya pendistribusian kartu Jamkesmas,” tambah Rijali.

Rijali mengatakan, adapun untuk pengunaan kartu Jamkesmas penerima manfaat diminta untuk bersabar, karena harus menunggu surat edaran dari pemerintrah pusat.

“Kami sangat berharap, kartu Jamkesmas yang diterima masyarakat miskin saat ini langusng bisa digunakan dalam tahun ini. Sambil menunggu surat edaran pemberlakuan kartu Jamkesmas yang baru, bagi warga yang membutuhkan pelayanan medis mendesak, bisa mengunakan kartu Jamkesmas yang lama,” terang Rijali.

Senada dnegan Rijali, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ciamis Dendy R Sukarjo menambahkan, pihaknya berharap peran serta masyarakat dalam mengawasi pendistribusian kartu Jamkesmas di wilayah Kabupaten Ciamis agar benar-benar tepat sasaran.

“Jika pembagian kartu ini sejak awal sudah tertib, maka dalam pelaksanaannya dikemudian hari tidak akan menimbulkan persoalan berarti,” pungkas Dendy.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0633 seconds (0.1#10.140)
pixels