Kantor KPU Jabar dikepung api

Senin, 28 Januari 2013 - 13:31 WIB
Kantor KPU Jabar dikepung api
Kantor KPU Jabar dikepung api
A A A
Sindonews.com - Protes mahasiswa memprotes dana penyelenggaraan Pilgub Jabar memanas. Puluhan mahasiswa membakar ban bekas tepat didepan gerbang kantor KPU Jabar.

Puluhan mahasiswa ini menilai biaya penyelenggaraan Pilgub Jabar 2013 sebesar Rp1,047 triliun terlalu besar.

Aksi yang dimulai pukul 12.00 WIB ini cukup memanas. Selain berusaha mendobrak gerbang KPU, massa juga melakukan pembakaran ban bekas.

Sambil berorasi dan memaki-maki KPU dan belasan aparat kepolisian yang berjaga dengan kata-kata kotor, massa menumpuk beberapa ban mobil dan motor bekas di gerbang KPU.

Seseorang dari massa menyiramkan bensin ke atastumpukan ban. Api dinyalakan, hingga membakar sebagian gerbang besi KPU.

Massa juga berusaha mendorong ban. Namun di bagian dalam KPU, aparat menahannya.

Asap mengepul memenuhi bagian KPU Jabar. Petugas kepolisian berusaha memadamkan api yang membakar bagian gerbang KPU. Akibatnya, asap putih tebal memenuhi gerbang KPU yang sebelumnya berusaha dibakar.

Saat ban disemprot hidran pemadam, mahasiswa marah. Bahkan sempat terjadi saling dorong gerbang antara mahasiswa dan aparat. Ada juga mahasiswa yang memukul, menendang, dan berusaha menaiki gerbang.

Ketua PMII Kabupaten Bandung Jalaludin mengatakan, pihaknya menuntut aparat penegak hukum untuk melakukan kontrol terhadap pelaksanaan Pilgub Jabar.

"Kami juga menuntut Ketua KPU Jabar untuk mundur," kata Jalaludin, di sela aksinya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6514 seconds (0.1#10.140)