Nama Dede dalam kertas suara minta dikoreksi

Minggu, 27 Januari 2013 - 03:00 WIB
Nama Dede dalam kertas...
Nama Dede dalam kertas suara minta dikoreksi
A A A
Sindonews.com - Koalisi Babarengan yang mengusung pasangan Dede Yusuf-Lex Laksamana mengoreksi nama calonnya di surat suara Pilgub Jabar 2013.

Alasannya, nama cagub-cawagub nomor urut 3 yang tertera di surat suara dinilai kepanjangan, yakni Dede Yusuf Macan Effendi-Lex Laksamana Jainal plus gelar akademik dan gelar haji.

Maka, Ketua Tim Pemenangan Dede-Laksamana Didin Supriadin mendatangi KPU Jabar untuk mengoreksi nama di surat suara yang kepanjangan itu sebelum KPU menyerahkannya ke perusahaan untuk dicetak.

Dalam koreksinya, gelar akademik pasangan ini dihapus. Namanya menjadi Dede Yusuf-Lex Laksamana.

"KPU sudah mengijinkannya. Enggak ada gelarnya biar mudah dibaca pemilih. Hanya gelar hajinya yang dipakai. Jadi H Dede Yusuf- H Lex Laksamana," jelas Didin, di KPU Jabar, Sabtu 26 Januari 2013.

Menurutnya, para calonnya memiliki cukup banyak gelar, yakni Doktor, Insinyur, ST, dan satu nama depan yang masing-masing diikuti lebih dari dua nama belakang.

"Kalau gelar dipakai terlalu panjang. Jadi kita pertegas dengan nama yang singkat dan jelas," terangnya.

Koreksi nama tersebut, kata Didin atas izin dari Dede Yusuf maupun Lex. Keduanya telah sepakat supaya merubah nama yang ada di surat suara. Sehingga, Dede tidak memakai Macan Effendi, dan Lex juga tidak memakai nama panjang Jainal.

"Biar lebih simpel dan mudah dibaca," tambah Didin.

Didin membantah jika koreksi nama itu karena pasangan yang diusung Koalisi Babarengan Demokrat, Gerindra, PAN dan PKB kurang pede dalam menghadapi pencoblosan di bilik suara 24 Februari mendatang.

Dia yakin nama Dede Yusuf sudah banyak dikenal. Tetapi dengan nama pendek akan terlihat lebih besar font-nya.

"Kalau kepanjangan kelihatan lebih kecil," katanya.

Selebihnya, Koalisi Babarengan sudah puas dengan desain surat suara. Soal background putih juga tidak dipermasalahkan. Pihaknya tidak khawatir akan tertukar dengan pasangan lain yang memakai pakaian dan background putih.

"Pasangan kami kan menggunakan kacu biru merah. Yang lain tidak pakai kacu," ujarnya.

Sekertaris KPU Heri Suherman membenarkan pihaknya telah mengijinkan tim pemenangan Dede-Lex untuk mengoreksi nama calon mereka. Sementara untuk pasangan lain, sudah sepakat dengan nama yang ada di surat suara dan tidak mengajukan perubahan nama ataupun lainnya.

Empat pasangan lainnya yang tertera dalam surat suara adalah nomor urut 1 yakni kandidat dari jalur independen Dikdik Mulyana Arif Mansur-Cecep NS Toyib, nomor urut 2 Irianto MS Syaffiudin (Yance)-Tatang Farhanul Hakim, nomor 3 Dede Yusuf Macan Effendi-Lex Laksamana, nomor urut 4 Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar, dan nomor urut 5 Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki.

"Khusus Yance, memang sesuai KTP, yakni Irianto MS Syaffiudin dalam kurung Yance," tambahnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1474 seconds (0.1#10.140)