Besok, surat suara Pilgub Jabar dicetak

Sabtu, 26 Januari 2013 - 14:24 WIB
Besok, surat suara Pilgub Jabar dicetak
Besok, surat suara Pilgub Jabar dicetak
A A A
Sindonews.com - Setelah desain surat suara rampung untuk Pemilihan Gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar meminta persetujuan pada lima pasangan Cagub Jabar. Rencananya, besok surat suara tersebut baru akan dicetak secara massal.

Sekertaris KPU Jabar Heri Suherman menyatakan, hari ini KPU Jabar menunggu persetujuan desain surat suara dari lima pasang calon Pilgub Jabar. Setelah ditandatangani, surat suara akan dikirim ke tiga perusahaan percetakan yang sudah ditunjuk KPU.

"Pukul 16 nanti akan diserahkan kepada percetakan untuk digandakan klisenya. Mulai besok sudah bisa naik cetak," jelas Heri, di Sekretariat KPU Jabar, Jalan Garut, Bandung, Sabtu (26/1/2013).

Heri lalu menunjukkan contoh desain surat suara. Panjangnya 42 cm dan lebar 24 cm. Namun untuk berat surat suara, Heri memilih merahasiakan. Ketika sudah dicetak, surat suara akan dilipat dua dan lima kali lipatan.

Surat suara itu bergambar lima pasang calon dari kanan ke kiri menampilkan foto nomor urut 1 yakni kandidat dari jalur independen Dikdik Mulyana Arif Mansur-Cecep NS Toyib, nomor urut 2 Irianto MS Syaffiudin (Yance)-Tatang Farhanul Hakim, nomor 3 Dede Yusuf Macan Effendi-Lex Laksamana, nomor urut 4 Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar, dan nomor urut 5 Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki.

Masing masing foto dan nama sudah disetujui tim sukses lima pasangan calon. Di bagian atas foto terdapat tulisan "Surat Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2013" dengan tinta hitam.

Heri menambahkan, surat suara tersebut dicetak oleh tiga perusahaan yakni PT. Balai Pustaka (BP), Induk Koperasi Kepolisian RI (Inkopol) dan PT. Pura Barutama (PB). Mereka sudah menyanggupi 10 hari pengerjaan. Sehingga sebelum distribusi 10 Februari 2013, 32,5 juta (plus 2,5 persen cadangan) surat suara sudah selesai dicetak. Nantinya tanggal 10 Februari surat suara sudah sampai di 26 kabupaten/kota di Jabar.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7202 seconds (0.1#10.140)