Perbaiki irigasi, Tana Toraja siapkan Rp3,3 M

Jum'at, 25 Januari 2013 - 21:36 WIB
Perbaiki irigasi, Tana...
Perbaiki irigasi, Tana Toraja siapkan Rp3,3 M
A A A
Sindonews.com - Untuk meningkatkan pendapatan para petani, Pemerintah Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan berencana memperbaiki sejumlah saluran irigasi. Untuk rencana ini, Pemkab Tana Toraja menyiapkan Rp3,3 miliar.

Dana sebesar itu, akan digunakan untuk pembangunan 17 irigasi di sejumlah daerah.

Sekretaris Dinas PU Tana Toraja, Nirus Nicolas menyatakan dari total 281 daerah irigasi yang tersebar di 19 kecamatan se-kabupaten Tana Toraja, 17 daerah irigasi akan direhabilitasi dan diperbaiki pada tahun ini.
Total anggaran pembangunan 17 daerah irigasi itu mencapai Rp3,3 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2013.

“Ada 17 daerah irigasi di sejumlah kecamatan yang akan direhab dan diperbaiki tahun ini. Rata-rata luas daerah irigasi tersebut luasnya dibawah 1000 hektare,” ujar Nirus di kantornya, Jumat (25/1/2013).

Dia menjelaskan, beberapa tahun terakhir, pemkab Tana Toraja terus memperbaiki dan merehabilitasi jaringan daerah irigasi di daerahnya. Tujuannya, untuk meningkatkan pendapatan para petani dan perbaikan kesejahteraan rakyat.

Meski begitu, pemkab Tana Toraja memiliki keterbatasan anggaran sehingga pembangunan rehab dan perbaikan jaringan irigasi dilakukan secara bertahap setiap tahunnya.

Diakuinya, daerah irigasi di wilayah Tana Toraja sulit mendapat alokasi dana dari pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi Sulawesi Selatan.

Kepala Dinas PU Tana Toraja, John Tolla menyatakan, penanganan daerah irigasi di Tana Toraja berpeluang menjadi tanggungjawab pemerintah pusat menyusul ditetapkannya kabupaten Tana Toraja menjadi kawasan strategi nasional (KSN) pada tahun 2013.

Dengan ditetapkannya Toraja menjadi kawasan strategi nasional, pemerintah pusat bisa masuk melakukan intervensi terhadap pengelolaan daerah irigasi di kabupaten Tana Toraja. Termasuk, mengalokasikan dana APBN untuk pembangunan daerah irigasi di Bumi Lakipadada.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2287 seconds (0.1#10.140)