Politikus PDIP optimis jadi cagub Jateng

Rabu, 23 Januari 2013 - 00:52 WIB
Politikus PDIP optimis jadi cagub Jateng
Politikus PDIP optimis jadi cagub Jateng
A A A
Sindonews.com - Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo optimis akan mendapat rekomendasi sebagai calon gubernur (Cagub) Jawa Tengah (Jateng) dari partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu.

“Jadi cawagub (calon wakil gubernur) siap, apalagi cagub Jateng,” kata Wakil Ketua Komisi II DPR ini, di sela-sela acara diskusi tentang RUU Desa, yang digelar di Kabupaten Pati, Jateng, Selasa (22/1/2013).

Ganjar menegaskan, semisal tidak mendapat rekomendasi dari PDIP, maka dia tidak akan berpaling ke parpol lain. Sebagai kader, dia akan tetap loyal dan mendukung semua kebijakan partai. “Tidak ada itu kamus berpindah ke parpol lain,” ucapnya.

Disinggung dukungan publik pada dirinya, Ganjar mengaku kalau saat ini sudah bertemu dengan berbagai elemen masyarakat yang menyatakan dukungan kepada dirinya untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jateng.

Meski begitu, Ganjar tidak menganggap dukungan tersebut sebagai sesuatu yang final dan sudah pasti. Sebab dalam dunia politik, peta dukungan bisa berubah setiap saat.

“Semisal hari ini bilang mendukung, besok bisa jadi balik mendukung calon lain. Itu sudah biasa dalam politik,” tuturnya.

Yang terpenting menurutnya, Pilkada Jateng berjalan dengan cerdas dan kompetitif. Dukungan kelompok atau elemen masyarakat, harus dimaknai sebagai transaksi ide atau program, bukan karena persoalan uang.

”Jadi saya ingin aksi dukung mendukung tersebut sebagai bentuk transaksi ide atau program. Seperti adanya dukungan dari kades dan perangkat, maka saya harus membayarnya dengan ide atau gagasan yang berkenaan dengan program yang akan saya berikan pada mereka," ujarnya.

Adanya dukungan kelompok kepala desa (Kades) dan perangkat desa sempat muncul dalam jalannya diskusi. Kelompok yang mengatasnamakan Forum Pembaharuan Desa Nasional (FPDN), mengaku siap mendukung pencalonan Ganjar Pranowo sebagai cagub Jateng.

Ketua FPDN Agus Tri Raharjo mengatakan, dukungan yang diberikan jajarannya muncul setelah melihat tawaran program dan ide yang dipaparkan oleh Ganjar Pranowo. Selain itu, kebulatan dukungan tersebut juga langkah Ganjar yang serius memperjuangkan masyarakat di pedesaan.

“Dukungan Ganjar untuk peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat desa sangat jelas. Makanya kami mendukung,” tandasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5445 seconds (0.1#10.140)