Anak-anak dilibatkan dalam kampanye di Tulungagung

Kamis, 17 Januari 2013 - 21:12 WIB
Anak-anak dilibatkan dalam kampanye di Tulungagung
Anak-anak dilibatkan dalam kampanye di Tulungagung
A A A
Sindonews.com - Hari kedua kampanye pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Moh Athiyah-Budi Setijahadi (Abdi) Kabupaten Tulungagung di lapangan Kecamatan Kauman, masih diwarnai banyaknya anak-anak kecil di lokasi kampanye.

Beberapa diantaranya berkumpul menjadi satu dengan simpatisan pasangan calon yang tengah merayakan kemeriahan pesta demokrasi. Bahkan tidak sedikit anak-anak yang sengaja mengenakan kostum kandidat, dan diduga sengaja didandani oleh orang tua mereka.

“Sesuai aturan KPU No 69 tahun 2009 tentang penyelenggaraan kampanye tidak boleh. Kita akan membuat berita acara untuk pelanggaran ini,“ ujar anggota Panwas gabungan Pemilukada Tulungagung Sahrul Munir kepada wartawan, Kamis (17/1/2013).

Keberadaan anak-anak di lokasi kampanye pesta demokrasi bukan hal yang baru. Dari pantauan SINDO di lapangan, tidak sedikit anak-anak yang turut berjoget, menyanyi sambil meneriakkan yel yel kemenangan.

“Hidup Abdi. Coblos nomor urut dua,“ teriaknya serentak.

Meski aturan (KPU) menyebut larangan tersebut dengan tegas, kenyataanya pelanggaran tetap terjadi.

Sahrul juga mengakui bahwa pemandangan serupa (banyak anak) juga terjadi dalam kampanye hari pertama pasangan nomor urut satu Sahri Mulyo- Maryoto Birowo (Sahto) di lapangan Kecamatan Ngunut.

“Padahal jauh hari kita sudah mensosialisasikan bahwa anak-anak tidak diperbolehkan ikut serta dalam kampanye,“ terangnya.

Selain membuat laporan berita acara keterlibatan anak-anak dalam kampanye, Sahrul Munir juga akan melaporkan temuan adanya sejumlah botol minuman keras (miras) dalam kampanye pasangan Sahto.

Dengan mata kepala sendiri, Sahrul mengaku melihat bagaimana orang-orang yang mengenakan kostum pasangan Sahto menikmati pesta miras di arena kampanye.

“Mereka minum (miras) dengan vulgar di bawah panggung. Lalu berkampanye. Ini akan kita tindak lanjuti,“ tuturnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.9175 seconds (0.1#10.140)