Distribusi logistik Pilkada Sulsel dihadang cuaca

Senin, 14 Januari 2013 - 19:01 WIB
Distribusi logistik Pilkada Sulsel dihadang cuaca
Distribusi logistik Pilkada Sulsel dihadang cuaca
A A A
Sindonews.com - Cuaca ekstrim yang melanda hampir seluruh wilayah Sulsel, mengakibatkan pendistribusian logistik Pemilihan Gubernur (pilgub) Sulsel dari Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) ke wilayah kecamatan kepulauan di Kabupaten Pangkep tertunda.

Penundaan dilakukan sambil menunggu kondisi cuaca membaik. Kebijakan penundaan pelayaran akibat cuaca buruk dari pihak Syahbandar Pelabuhan Paotere Makassar.

Ketua KPUD Pangkep Abd Rahman Kambie menyebutkan, pelarangan itu berdasarkan informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV.

"Pihak syahbandar melaporkan tinggi gelombang bisa mencapai empat meter hingga tanggal 17 Januari. Makanya kami belum berani menyalurkan logistik tersebut," ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (14/1/2013).

Dua wilayah kepulauan yakni Kecamatan Liukang Kalukuang Masalima (Kalmas) dan Liukang Tangayya merupakan wilayah terluar dengan jarak tempuh tercepat yakni 14 Jam dalam kondisi cuaca yang sangat baik.

"Itu hanya jarak tempuh ke ibukota kecamatan belum ke pulau-pulau yang memiliki tempat pemungutan suara (TPS)," jelasnya.

Dia mengakui, keterhambatan pendistribusian logistik ke pulau ini bisa menyebabkan penundaan pelaksanaan pencoblosan bagi daerah yang sulit terjangkau.

"Kalau ditunda pelaksanaan pencoblosan bisa saja dilakukan, sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Karena kami pun tak bisa memaksakan pendistribusiannya dalam kondisi seperti ini," tegasnya.

Namun, sesuai kesepakatan setelah pembatalan hari ini, (Senin-red) khusus wilayah Kecamatan Kalmas, sesuai pembicaraan KPUD, PPK termasuk para punggawa kapal jika cuaca agak membaik segera akan dilakukan pemberangkatan.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9994 seconds (0.1#10.140)