Pembangunan jalan tembus Mappak-Simbuang dilanjutkan

Senin, 14 Januari 2013 - 15:16 WIB
Pembangunan jalan tembus Mappak-Simbuang dilanjutkan
Pembangunan jalan tembus Mappak-Simbuang dilanjutkan
A A A
Sindonews.com - Pemerintah kabupaten (Pemkab) Tana Toraja siap melanjutkan pembukaan ruas jalan tembus di dua kecamatan pada tahun 2013. Dua kecamatan itu masing-masing kecamatan Mappak dan Simbuang.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum (PU) Tana Toraja, Nirus Nicolas menyatakan pembukaan ruas jalan tembus yang menghubungkan kecamatan Mappak dan Simbuang dengan kota Makale, ibukota kabupaten Tana Toraja berupa rabat beton di enam ruas jalan.

Rinciannya tiga ruas jalan yang akan menghubungkan kecamatan Mappak yakni ruas jalan Palesan-Buakayu, ruas jalan Sandangan-Masuppu, dan ruas jalan Masuppu Lekke. Sementara tiga ruas jalan lainnya akan menghubungkan kecamatan Simbuang dengan kota Makale yakni ruas jalan Lekke-Buangin, ruas jalan Buangin-Kondodewata dan ruas jalan Kondodewata-Saluran.

Menurutnya, panjang jalan tembus kecamatan Mappak–Makale dan Simbuang-Makale yang akan dibuka dan dibangun sepanjang enam kilometer atau rata-rata satu kilometer setiap ruas jalan. Anggaran pembangunan pembukaan jalan tembus tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) infrastruktur jalan tahun 2013 dengan nilai sekitar Rp5 miliar.

“Ada enam ruas jalan tembus yang menghubungkan Mappak-Makale dan Simbuang Makale yang akan dikerjakan tahun ini. Belum termasuk pembangunan ruas jalan tembus lainnya di dua kecamatan itu yang didanai APBD tahun 2013,” ujarnya.

Nirus mengatakan, pemkab Tana Toraja melalui Dinas PU juga sudah mengusulkan ruas jalan Pasobbo-Lekke yang akan menghubungkan kecamatan Simbuang-Makale menjadi jalan provinsi.

Perubahan status ruas jalan Pasobbo-Lekke dari jalan kabupaten ditingkankan menjadi status jalan provinsi sudah diusulkan sejak tahun 2012 lalu. Pemkab Tana Toraja tinggal menunggu persetujuan dari pemerintah provinsi tentang perubahan status jalan Pasobbo-Lekke menjadi jalan provinsi.

Pembangunan jalan tembus di kecamatan Mappak dan Simbuang bagian dari program pemerintah provinsi Sulawesi Selatan dan pemkab Tana Toraja untuk membuka daerah-daerah terisolir. Diakuinya, kecamatan Mappak dan Simbuang yang berada di bagian barat wilayah kabupaten Tana Toraja masih termasuk daerah terisolir yang sulit ditembus kendaraan.

“Pembukaan jalan tembus yang menghubungkan Mappak dan Simbuang dengan ibukota Makale memang sudah menjadi prioritas pemkab Tana Toraja. Jalan tembus itu bagian dari percepatan infrastruktur pembangunan di Mappak dan Simbuang,” katanya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.4239 seconds (0.1#10.140)