Polda dukung debat Cagub di Makassar

Sabtu, 12 Januari 2013 - 18:44 WIB
Polda dukung debat Cagub di Makassar
Polda dukung debat Cagub di Makassar
A A A
Sindonews.com - Kepolisian Daerah Sulselbar mendukung sepenuhnya sikap Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel yang ingin menggelar debat kandidat putaran kedua Pemilihan Gubernur di Makassar.

Polda Sulselbar akan memaksimalkan pengamanan sehingga bentrok antar pendukung usai debat putaran pertama tidak terulang kembali.

"Dimana pun lokasi debatnya, kepolisian akan selalu siap memberikan pengamanan sehingga jalannya debat berjalan lancar," tegas Kepala Bidang Humas Polda Sulselbar Komisaris Besar Endi Sutendi kepada SINDO, Sabtu (12/1/2013).

Meskipun Endi mengaku, akan lebih aman jika debat dilakukan di luar Sulsel. Hanya saja, Ia menegaskan, pihaknya hanya memberikan pertimbangan kepada KPU. Sementara, kewenangan untuk menentukan tempat
dan waktu menjadi kewenangan sepenuhnya pihak penyelenggara Pilgub itu.

"Kita hanya memberikan pertimbangan, bukan berarti kita tidak mau kalau di Makassar, di manapun lokasinya kita siap untuk amankan," ujar mantan Wakil Kepala Polrestabes Makassar itu.

Seperti debat putaran pertama yang beujung bentrok, Polda telah menyarankan agar debat digelar di luar Sulsel. Hanya saja, KPU tetap ngotot untuk melaksanakan ajang unjuk kebolehan kandidat itu di
Makassar.

"Debat lalu kita sarankan agar digelar di luar Sulsel karena potensi rusuh besar berdasarkan laporan intelejen kami, tapi kami hanya sebatas menyarankan," ungkapnya.

Polda Sulselbar pun telah melakukan evalusai terhadap kelemahan pengamanan. Evaluasi dilakukan agar konflik antarsimpatisan tidak terjadi saat debat yang diprediksi bakal berlangsung panas dan menegangkan itu.

"Kita sudah lakukan evaluasi pengamanan, hanya saja itu tidak cukup jika tidak ada bantaun pihak lain," tandasnya.

Namun, Polda semakin optimsitis debat putaran kedua akan berlangsung aman tanpa gangguan dengan adanya komitmen damai tim ketiga kandidat. Para tim juga menyatakan kesiapan untuk menjaga agar simpatisan tidak membuat keributan.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7638 seconds (0.1#10.140)