Nelayan diimbau tak melaut

Jum'at, 11 Januari 2013 - 16:48 WIB
Nelayan diimbau tak melaut
Nelayan diimbau tak melaut
A A A
Sindonews.com - Buruknya cuaca belakangan ini membuat ribuan nelayan di Kota dan Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur diimbau tak melaut. Syahbandar Pelabuhan Rakyat Pasuruan juga mengingatkan agar kapal berbobot dibawah 100 groos ton (GT) tidak melaut.

Anton Winarno, petugas kantor Administratur Pelabuhan Pasuruan, mengungkapkan, imbauan tidak melaut ini dilakukan atas dasar kondisi cuaca yang tidak menentukan.

Apalagi kondisi angin yang kencang telah menyebabkan ketinggian ombak mencapai 4-5 meter ditengah laut.

"Laporan prakiraan cuaca BMKG dan kondisi dilapangan menyebutkan ketinggian gelombang mencapai 4-5 meter. Kami menghimbau agar nelayan dan kapal niaga dengan bobot 100 GT menghentikan aktifitas pelayaran," kata Anton Winarno di Pasuruan, Jumat (11/1/2013).

Menurut Anton, tidak semua nelayan mematuhi imbauan tersebut. Mereka beralasan, pelayaran yang dilakukan tidak sampai lokasi rawan gelombang tinggi.

Sejumlah nelayan yang terpaksa berhenti melaut, mengaku hanya bisa pasrah atas kondisi alam yang tidak bersahabat. Menurutnya, pada musim-musim tertentu, kondisi angin kencang selalu terjadi.

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya, para nelayan ini terpaksa bekerja serabutan. Tidak sedikit diantara nelayan yang terpaksa menggadaikan harta bendanya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7472 seconds (0.1#10.140)