Tungku meledak, tiga karyawan terlempar

Selasa, 06 November 2012 - 21:19 WIB
Tungku meledak, tiga karyawan terlempar
Tungku meledak, tiga karyawan terlempar
A A A
Sindonews.com - Tiga karwayan pabrik penyulingan minyak nilam, terlempar ketika berupaya memperbaiki tutup tangki yang terlepas. Mereka tak menyangka tungku bertekanan 600 derajat celcius itu akan meledak.

Ledakan berasal dari pabrik penyulingan minyak nilam, Karya Perdana, yang memproduksi bahan dasar pembuatan parfum, di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan meledak, pada Selasa (06/11/2012) sore.

Tiga karyawan pabrik di lingkungan Belli, Kelurahan Tokaseng, Kecamatan Tellu Siattinge, Bone ini, dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tenriawaru Bone untuk mendapatkan perawatan intensif.

Ketiga karyawan tersebut masing-masing, bernama Arfah, Marsuki, dan Syahril.

Kejadian tersebut berawal saat pabrik sedang memproduksi bahan dasar pembuatan parfum. Karena ada salah satu baut penutup tungku yang terlepas, ketiga karyawan ini berusaha memperbaiki.

Tutup tungku harus benar-benar rapat harus sempurna agar minyak nilam yang dihasilkan baik. Karenanya tekanan suhunya mencapai 600 derajat celsius.

Saat diperbaiki, tiba-tiba penutup tungku yang kira-kira berdiameter satu meter tersebut langsung terlepas dan melayang. Tutup tungku membuat atap pabrik tersebut jebol dan roboh.

Ketiga karyawan tersebut terhempas terkena semburan minyak nilam serta uap panas yang keluar dari tungku besar yang bersuhu 600 derajat celcius.

"Saya sempat terlempar beberapa meter begitu ttutup tungku terlepas," katanya Marsuki yang menderita luka bakar pada bagian lengan dan kaki, di RSU Tenriawaru, Bone, Selasa (6/11/2012).

Sementara, Humas RSUD Tenriawaru Bone Ramli Syam mengatakan, salah seorang karyawan bernama Arfah dirujuk ke Makassar.

"Luka bakarnya (Arfah) cukup parah, hingga mencapai 98 persen. Kalau Marsuki dan Syahril masih mendapat perawatan intensif," katanya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3388 seconds (0.1#10.140)