Baru pertama naik Semeru, Firas diduga panik

Kamis, 01 November 2012 - 15:14 WIB
Baru pertama naik Semeru, Firas diduga panik
Baru pertama naik Semeru, Firas diduga panik
A A A
Sindonews.com - Jejak hilangnya M Firas Awaluddin Iqbal (19), mahasiswa UB yang tersesat di Gunung Semeru, mulai menunjukkan titik terang. Tim SAR sudah menemukan jejak kaki dan sarung tangan Firas yang mengarah ke daerah jurang sedalam 75 meter atau yang dikenal dengan istilah jurang blank 75.

Jurang ini berada di sisi kanan Cemoro tunggal, jika dari arah menuju puncak dan berjarak sekira dua kilometer dari puncak Mahameru. Penemuan jejak kaki yang mengarah ke blank 75 menandakan, survivor tengah panik ketika tersesat.

"Diduga, Firas panik dan terus berjalan, sebab dia baru pertama naik ke Gunung Semeru," kata Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Ayu Dewi Utari, di Malang, Kamis (1/11/2012).

Meski demikian, Ayu berharap tim pencari dapat menemukan Iqbal secepatnya, karena saat ini kondisi cuaca sedang cerah di atas. Pihaknya juga mengimbau agar para relawan yang ikut melakukan pencarian berkoordinasi dengan petugas di Pos Ranupane.

Ayu juga menyesalkan, masih banyak pendaki yang melanggar larangan agar tidak melakukan pendakian hingga puncak Mahameru. Dia menyontohkan, pada bulan Agustus lalu, ada sekitar 5.000 pendaki yang menuju puncak Mahameru dalam waktu dua hari pada peringatan 17 Agustus 2012.

Padahal, pihak TNBTS telah membuat larangan dan pendaki diminta menandatangani surat pernyataan untuk mendaki hingga Kalimati saja sesuai rekomendasi dari PVMBG Bandung. "Masih banyak pendaki yang melanggar perjanjian," katanya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9388 seconds (0.1#10.140)