Sebanyak 48 rumah rusak berat

Minggu, 19 Agustus 2012 - 01:44 WIB
Sebanyak 48 rumah rusak berat
Sebanyak 48 rumah rusak berat
A A A
Sindonews.com - Gempa berkekuatan 6,2 skala Ritcher yang mengguncang Kota Palu, Sulawesi Tengah, membuat kerusakan di daerah tersebut. Setidaknya sebanyak 48 rumah dilaporkan mengalami rusak berat.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Sindonews dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sabtu (18/8/2012), sebanyak 40 rumah rusak berat tersebut berada di Sadaunta Kulawi, Palu.

Sementara di Desa Sausu, Kabupaten Parigi Moutong, terdapat delapan rumah rusak berat.

Daerah terparah yang terkena dampak gempa berada di Kabupaten Sigi Biromaru. Namun belum ada laporan mendetail mengenai kerusakan di daerah tersebut.

Dilaporkan ada satu orang korban luka akibat gempa. "Satu orang anak luka tertimpa dinding rumah di Sadaunta Kulawi," tulis Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulisnya kepada Sindonews.

Info sementara, akses jalan ke Kulawi (Sadaunta-Saluwa ) badan jalan tertutup longsor dari tebing cukup berat. Tak satupun kendaraan roda empat bisa melewatinya.

Diberitakan, gempa bumi berkekuatan 6,2 skala Ritcher mengguncang Palu, pukul 16.41 WIB sore tadi.

Gempa yang menurut U.S. Geological Survey (USGS) berkekuatan 6,6 SR ini berlokasi di koordinat 1.21 Lintang Selatan dan 120.08 Bujur Timur, atau 27 Km Barat Daya Parigimoutong Sulawesi Tengah, 38 Km Tenggara Sigi Sulawesi Tengah, dan 40 Km Tenggara Palu Sulawesi Tengah.

Pusat gempa pada kedalaman 10 Km dan berada di daratan yang merupakan bagian dari sesar Palukoro. "Sesar Palukoro bergerak rata-rata 3 cm per tahun sehingga sangat berbahaya. Namun gempa tidak berpotensi tsunami," jelas Sutopo.

Intensitas gempa mencapai VI-VII MMI. Masyarakat Kota Palu dilaporkan sempat berhamburan keluar rumah. "Gempa dirasakan sangat keras oleh masyarakat di Palu selama 15 detik yang sedang berbuka puasa," tulis Sutopo.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8565 seconds (0.1#10.140)