Jelang Ramadan, polisi sita 459 liter miras

Kamis, 12 Juli 2012 - 13:30 WIB
Jelang Ramadan, polisi sita 459 liter miras
Jelang Ramadan, polisi sita 459 liter miras
A A A
Sindonews.com - Aparat Polsek Baguala, Kota Ambon menyita 459 liter minuman keras (miras) lokal jenis sopi dari bus Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) dalam razia penyakit masyarakat (pekat) jelang Ramadan.

Polisi menggelar razia terhadap setiap bus AKDP dari Pulau Seram, Maluku di kawasan Desa Passo, Teluk Baguala yang menjadi pintu masuk ke Kota Ambon. Dalam razia itu polisi memeriksa setiap barang bawaan penumpang bus.

“Kita meningkatkan razia miras di pintu masuk Kota Ambon jelang Ramadan, dalam razia itu kita menyita 459 liter miras jenis sopi. Miras tersebut tidak bertuan karena sengaja dititipkan pemiliknya di bus dari Pulau Seram yang ke Ambon,” kata Kapolsek Baguala, AKP Sarah Lessil Kamis (12/7/2012).

Sopi sebanyak 459 liter itu dikemas dalam jeriken dua liter dan juga 13 karung beras Bulog berukuran 50 kilogram. Sarah menyatakan, pihaknya berhasil menyita sopi tersebut, berdasarkan informasi dari masyarakat kalau bus AKDP dari Pulau Seram ke Ambon sering mengangkut miras.

Ia menyatakan, selama ini miras jenis sopi tersebut sering menjadi pemicu bentrokan antar warga di Kota Ambon. Miras tersebut juga mudah didapat karena harganya murah.

”Sopi inikan selama ini menjadi penyebab terjadinya hal yang tidak diinginkan di masyarakat, sehingga penyitaan ini sangat tepat, apalagi jelang ramadan,” katanya.

Menurutnya, razia miras itu juga merupakan operasi rutin menjelang Ramadan, sehingga bisa mengurangi berbagai tindak kejahatan yang berpotensi mengganggu pelaksanaan ibadah puasa nanti.

Razia juga untuk menjaga situasi keamanan di wilayah hukum Polsek Baguala secara khusus maupun Kota Ambon secara umum agar tetap aman dan damai.

“Selain melakukan razia sopi, kita juga berencana memberantas penyakit masyarakat (pekat) lainnya jelang puasa maupun sesudahnya,” tuturnya.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.1306 seconds (0.1#10.140)