Kembangkan potensi laut, Bulukumba bangun PPI

Rabu, 04 Juli 2012 - 13:44 WIB
Kembangkan potensi laut, Bulukumba bangun PPI
Kembangkan potensi laut, Bulukumba bangun PPI
A A A
Sindonews.com - Potensi perikanan dan kelautan akan segera diperkuat dengan infrastruktur. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel), akan segera merealisasikan Pembangunan Pelabuhan Ikan (PPI) di Tanah Beru, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba.

Pemerintah setemat nampaknya tidak main-main dalam merealisasikan infrastruktur tersebut. Hal tersebut nampak dari rencana pembangunan yang akan menelan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Bulukumba kurang lebih Rp25 miliar.

Bupati Bulukumba Zainuddin Hasan mengungkapkan proyek pembangunan PPI ini segera direalisasikan di atas luas lahan 200x85 meter. Sedang lokasi dipilih Tanah Beru sebagai pembangunan karena berada di pinggir laut, sehingga cukup strategis.

“Proses tender sudah dilaksanakan sisa menunggu hasil siapa yang memenangkan. Setelah itu baru dimulai pekerjaan,” ucap Zainuddin menjelaskan kepada wartawan, Rabu (4/7/2012).

Menurutnya, tahap pertama pembangunan akan dimulai dari pengerjaan reklamasi dan pembangunan tanggul dengan biaya sekitar Rp1,6 miliar dari APBD pokok 2012 ini. Pihaknya berharap warga sekitar memberikan dukungan demi pembangunan PPI.

“Mudah-mudahan semua berjalan sesuai rencana. Sebab, pembangunan ini untuk kepentingan masyarakat Bulukumba,” katanya.

Zainuddin menambahkan, kehadiran PPI akan mendorong meningkatkan ekonomi masyarakat Bulukumba khususnya yang memiliki aktivitas sebagai nelayan maupun pedagang, termasuk yang berada di sekitar pelabuhan dan pantai.

“Dengan adanya PPI ini, maka infrastruktur di sektor kelautan dan perikanan semakin komplit dan dapat dikembangkan,” tandas Zainuddin.

Bahkan, dia berharap kepada Dinas Kelautan dan Perikanan dan kantor Lingkungan Hidup (KLH) Bulukumba Andi Unru, dalam proses pekerjaan tidak mengalami kendala di lapangan.

“Saya menargetkan pelaksanaan proyek tahap pertama ini bisa selesai di akhir tahun ini. Sebab, proses pengerjaan segera dimulai karena proses tender sudah berjalan,” tuturnya.

Selain itu, Zainuddin juga berharap kepada Camat dan Lurah untuk menyampaikan informasi pelaksanaan proyek PPI kepada warga sekitar. Sehingga mereka dapat membantu untuk tidak menambatkan kapal atau perahunya di areal PPI selama pengerjaan berlangsung.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0214 seconds (0.1#10.140)