alexametrics

Pemkab Bonebol Keluarkan Surat Edaran Belajar di Rumah

loading...
A+ A-
BONE BOLANGO - Pemerintah Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) mengeluarkan Surat Edaran yang ditujukan ke seluruh jajaran pendidikan. Isi surat itu mengintruksi melarang anak-anak TK-PAUD-SD sampai SMP melakukan kegiatan belajar mengajar di sekolah.

"Mereka kita liburkan selama dua pekan. Tetapi tidak berarti mereka libur lalu mereka tidak melakukan kegiatan belajarnya. Kita pindahkan dari sekolah ke rumah dalam pengawasan orang tua orang terdekat ataupun guru-gurunya bisa mengunjungi rumah dari siswa-siswi tersebut," ungkap Bupati Bone Bolango Hamim Pou.

Menurut Hamim instruksi belajar di rumah dilakukan terkait kondisi anak-anak TK-PAUD yang immunnya belum cukup kuat dan mudah terserang penyakit. Dan ini bagian dari Pemerintah Kabupaten Bone Bolango dalam mencegah pelajar terpapar virus corona.



"Ini bagian dari upaya kita berjaga-jaga, walaupun kita belum suspect. Walaupun belum ditemukan ada warga yang Insya Allah tidak ada warga Bone Bolango terpapar. Tapi ini adalah bagian dari pencegahan karena kita sadar daerah ini adalah daerah terbuka karena berbatasan langsung dengan Sulawesi Utara dimana ditemukan di Manado ada satu warganya yang positif. Walaupun kabar sampai kemarin setelah diperiksa laboratorium sampai dua kali ternyata negatif," jelas Hamim.

Bupati menambahkan untuk memeriksa seorang terpapar atau tidak virus corona sedikitnya harus dilakukan delapan kali pemeriksaan di laboratorium. Selain itu Pemerintah Kabupaten Bone Bolango juga sudah membentuk satgas cegah wabah corona. "Kita juga menunjuk juru bicara supaya tidak simpang siur, harus ada orang yang kompeten menjelaskan berbicara tentang upaya pencegahan corona ini. Dalam hal ini kami menunjuk Kepala Dinas Kesehatan yang berbicara ke publik," ungkap Bupati.

Sejak awal Bupati Hamim mengatakan pihaknya telah melakukan sosialisasi terutama lewat media sosial juga lewat pengumuman di masjid dan di tempat-tempat umum bagaimana upaya menjaga kesehatan dengan pola hidup bersih dan sehat. Juga olahraga yang cukup dan makanan yang bergizi dan tidak mesti mahal tetapi bergizi dan makan buah-buahan.

"Lakukan istirahat yang cukup, jaga kondisi badan, jangan lupa olahraga. Hal sederhana yang bisa dilakukan adalah cuci tangan pakai sabun sekurang-kurangnya 30 atau 20 detik," imbau Bupati mengingatkan warganya.

Bagi warga yang kembali dari daerah yang daerah terpapar virus corona, Pemerintah Kabupaten Bone Bolango melakukan pengamatan ataupun pemantauan dan minta mereka untuk tidak melakukan aktivitas sementara kegiatan sehari-hari. Diharapkan masyarakat menggunakan masker sebagai upaya pencegahan terutama kepada mereka yang kondisi fisiknya tidak cukup fit misalnya flu, batuk, ataupun demam.

"Itu hal-hal yang kami lakukan terkait dengan pencegahan corona. Bahkan sudah tiga hari terakhir ini dari perbatasan Bone Bolango menuju Sulawesi Utara dari Kabupaten Bolomo Selatan kami bekerja sama dengan pihak TNI-POLRI melakukan pemeriksaan dari jajaran medis Puskesmas TNI-Polri di perbatasan melakukan pemeriksaan suhu badan dari orang-orang yang keluar masuk dari dan ke Kabupaten Bone Bolango," beber Bupati Hamim.

Hingga Selasa pagi (7/4/2020) dilaporkan ada sekitar 1000 (seribu) orang yang diperiksa. Semuanya aman negatif dan semuanya tidak ada suhunya di atas 36,5 derajat Celcius.
(alf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top